Connect with us

News

Tips Aman Lakukan Perjalanan Arus Balik Lebaran 2024

Published

on

Tips Aman Lakukan Perjalanan Arus Balik Lebaran 2024 [viva]
Tips Aman Lakukan Perjalanan Arus Balik Lebaran 2024 [viva]

Jakarta, Bindo.id – Yannes Martinus Pasaribu selaku Pakar Otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB), membeberkan tips aman dan nyaman saat perjalanan arus balik Lebaran 2024.

“Untuk memastikan perjalanan mudik para pemudik yang menggunakan mobil aman dan nyaman, tentu ada beberapa imbauan penting yang perlu diperhatikan,” tutur Yannes, Minggu (14/4/2024).

Pertama yaitu pengendara memastikan kendaraan kondisinya prima sebelum berangkat. Hal ini mencakup pemeriksaan mesin, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, maupun komponen vital lainnya.

“Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban dan memastikan lampu serta sinyal berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Kedua yakni merencanakan rute perjalanan dengan cermat, serta beristirahat secara teratur.

Idealnya pengendara setiap dua hingga tiga jam sekali beristirahat. Hal ini untuk menghindari kelelahan ketika mengemudi.

Hindari mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Apabila merasa lelah, segera mencari lokasi yang aman untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi terus-menerus, walaupun ingin cepat sampai ke tempat tujuan.

Selanjutnya, gal yang paling penting dalam berkendara yakni selalu mematuhi peraturan lalu lintas, apalagi saat masa liburan Hari Raya.

Memperhatikan batas kecepatan laju kendaraan serta senantiasa menjaga jarak aman dari kendaraan di depannya.

Saat melewati jalur contraflow atau situasi lalu lintas yang tak biasa, tingkatkan fokus maupun kewaspadaan. Ikuti petunjuk maupun rambu-rambu lalu lintas dengan seksama.

Saat kondisi darurat atau apabila mengalami kendala dengan kendaraan, pakailah lampu hazard serta menepi lah ke bahu jalan dengan sangat hati-hati sebelum Anda menghubungi bantuan.

Terakhir yakni simpanlah alat pemadam api ringan (APAR) di dalam kendaraan yang mudah dijangkau. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi keadaan darurat.

Saat berkendara, kondisi fisik yang fit sangat diperlukan supaya senantiasa tetap waspada di jalan raya saat situasi arus balik yang sangat padat.

Baca Juga  Kemenhub Sediakan Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2024, Cek Jadwalnya

Persiapkan perjalanan dengan baik serta mengikuti imbauan keselamatan ini, harapannya bisa meminimalisir bahkan dapat menghindari risiko celaka. Sehingga para pemudik yang memakai kendaraan bisa kembali dengan lancar serta aman.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion