Connect with us

Destinasi

Cari Tahu Aktivitas Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Kawah Putih Bagi Wisatawan

Published

on

Destinasi Wisata Kawah Putih di Ciwidey
Photo Credit: istockphoto.com

Banyaknya orang yang berkunjung ke destinasi wisata Kawah Putih, tentu menjadikan Anda bertanya-tanya seputar apa saja yang bisa dilakukan di Kawah Putih tersebut, bukan? Oleh karena itulah, untuk menjawab rasa penasaran Anda seputar aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di Kawah Putih, maka bisa menyimak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Kawah Putih

Sebagai informasi penting, bahwa Kawah Putih sendiri umumnya merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat ledakan Gunung Patuha pada abad ke-10. Lokasi kawah ini berada di puncak Gunung Patuha Jalan Ciwidey Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Karena letaknya yang berada di atas ketinggian 2.090 meter di atas permukaan air laut, menjadikan tempat ini memiliki udara yang sangat dingin.

Terbentuk karena ledakan Gunung Patuha, menjadikan Kawah Putih ini tergenang air hingga akhirnya bercampur dengan belerang. Sehingga, hal inilah yang menjadikan warna air pada Kawah Putih lebih dominan putih kehijauan dengan bau belerang yang begitu menyengat. Selain itu, wisata ini juga menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi setiap wisatawan yang berkunjung kesana.

Karena alasan itulah, tidak mengherankan jika tempat wisata Kawah Putih ini sering kali dijadikan sebagai lokasi syuting film, foto pre-wedding dan video klip. Bahkan mungkin ada yang mengenali bahwa tempat wisata ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film “Heart” tahun 2005 silam yang dibintangi Irwansyah, Acha Septriasa dan Nirina Zubir. Menghadirkan kisah romantis di dalamnya, menjadikan Kawah Putih kian begitu populer dan sering dijadikan sebagai tempat romantis di Bandung Selatan.

Aktivitas Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Kawah Putih Bagi Wisatawan?

Perlu Anda ketahui, bahwa Kawah Putih dikenal sebagai tempat wisata yang paling diminati oleh kalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Ini wajar lantaran tempat ini menawarkan pemandangan danau yang indah dengan airnya berwarna putih kehijauan serta dikelilingi pepohonan kering dan kabut yang sering kali menyelimutinya. Terlepas dari hal tersebut, umumnya ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di Kawah Putih di antaranya sebagai berikut.

Mengabadikan Momen Menarik dengan Berfoto Selfie

Salah satu aktivitas menarik dan tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih yakni dengan mengabadikan momen menarik dengan berfoto selfie melalui jepretan kamera. Dengan berlatarkan pemandangan alam yang begitu indah dan suasana kabut yang menyelimuti area wisata tersebut, maka menjadikan hasil foto akan terlihat lebih dramatis. Di samping itu, Anda juga akan memiliki kenang-kenangan di Kawah Putih bersama dengan orang-orang yang diajak pergi berlibur kesana.

Berendam di Kolam Pemandian Air Panas

Bagi Anda yang ingin melepaskan penat dari aktivitas pekerjaan sehari-hari, maka memilih Kawah Putih sebagai destinasi wisata sangat tepat dilakukan. Hal ini dikarenakan, Anda nantinya bisa melakukan aktivitas menarik berupa berendam di kolam pemandian air panas di sekitar Kawah Putih yakni Ciwalini atau Cimanggu.

Baca Juga  Inilah 5 Tempat Wisata Gratis di Bandung yang Sayang Untuk Dilewatkan

Kedua pemandian air panas ini hadir dengan menawarkan sajian pemandangan alam yang begitu memanjakan mata ketika Anda berendam nantinya sehingga pikiran akan lebih fresh dan menjadikan kulit lebih sehat.

Berkeliling di Area Perkebunan Teh

Apabila Anda termasuk tipe orang yang senang mencoba hal-hal yang baru, maka ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kawah Putih bisa memilih untuk berkeliling di area perkebunan teh. Nantinya, Anda akan melihat langsung hamparan kebun teh nan hijau yang membentang di sepanjang perjalanan menuju Kawah Putih yang memberikan suasana tenang. Bahkan jika Anda beruntung, maka Anda juga bisa berkesempatan untuk belajar memetik daun teh disana.

Menikmati Sajian Khas Negeri Priangan

Setelah lelah berjalan-jalan di Kawah Putih, Anda juga tidak boleh melewatkan aktivitas penting yakni mengisi tenaga dengan menyantap sajian khas Bumi Priangan yang terkenal akan kulinernya yang beragam. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi makanan khas Jawa Barat mulai dari jajanan, makanan berat sampai dengan minuman khas seperti misalnya Bandrek atau Bajigur dan lain sebagainya. Dengan sajian minuman khas ini, maka Anda dapat menghangatkan tubuh sambil bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Menginap di Area Kawasan Kawah Putih

Jika Anda merasa tidak memungkinkan untuk kembali ke rumah, maka bisa memilih untuk beristirahat di penginapan area kawasan Kawah Putih. Disini, Anda bisa memilih tempat penginapan yang menyajikan pemandangan alam yang pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk pilihan penginapan yang ditawarkan juga ada banyak sekali, yakni mulai dari hotel, tempat camping dan lain sebagainya yang lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih.

Jadi itulah tadi beberapa aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Kawah Putih bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Apabila Anda tertarik, maka bisa segera atur jadwal liburan untuk pergi ke wisata Kawah Putih tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *