Connect with us

Sports

F1 Powerboat 2024 Dihadiri Menpora Dito Yang Pimpin Parade Peserta Dan Kibarkan Bendera Merah Putih

Published

on

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo pada hari Minggu pagi (3/3/2024) hadir dalam pembukaan pelaksanaan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024 [kemenpora]

Sumatera Utara, Bindo.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo pada hari Minggu pagi (3/3/2024) hadir dalam pembukaan pelaksanaan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024.

Acara ini diselenggarakan di venue Balige, Danau Toba, Sumatera Utara.

Menpora Dito berkesempatan untuk memimpin parade peserta memakai kapal boat dan melambaikan Bendera Merah Putih.

Menpora bersama dengan Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Pangdam dan Kapolda Sumut beserta pejabat teras lainnya berkeliling ke venue Balige saat parade lap F1 Powerboat 2024.

Pelaksanaan kejuaraan dunia perahu super cepat F1 Powerboat 2024 ini merupakan ajang kedua kalinya di Danau Toba, Sumatera Utara. Dalam kejuaraan ini diikuti oleh 18 pebalap yang datang lebih dari 10 negara. 

Setelah acara pembukaan, partai final langsung diselenggarakan.

Rusty Wyatt dari Tim Sharjah UEA berhasil menyabet gelar juara di kejuaraan ini.

Erik Stark dari Tim Victory berhasil menggaet juara ke II.

Sedangkan Jonas Andersson dari Tim Vietnam berhasil merebut juara ke III.

Menpora Dito juga memiliki kesempatan untuk memberikan tropi ke para pemenang.

“Alhamdulillah hari ini telah selesai dilaksanakan final F1 Powerboat untuk series Danau Toba. Dimana Juara 1 dari tim Sharjah, Juara kedua tim dari Dubai dan Juara ketiga tim dari Vietnam. Sebelumnya juga telah dilaksanakan final lomba perahu tradisional Solu Bolon juga sedang berlangsung final Kejurnas Aquabike pertama kalinya,” ujar Menpora Dito.

“Selamat kepada para pemenang, Juara I, Juara II dan Juara III,” imbuhnya.

Selanjutnya Menpora Dito menyerahkan Bendera F1H2O ke tuan rumah penyelenggara selanjutnya yang akan di gelar di Vietnam.

Sebelumnya, dilokasi yang sama Menpora Dito juga sempat menyaksikan kompetisi final Solu Bolon. Kompetisi ini mempertemukan antara tim Kabupaten Samosir (merah) vs Kabupaten Tapanuli Utara (hitam).

Baca Juga  Pesawat Super Air Jet Terbang Langsung dari Jakarta ke Danau Toba di Bandara Silangit, Simak Jadwalnya!

Tim dari Kabupaten Tapanuli Utara dalam ajang balap perahu tradisional ini meraih juara pertama.

Juara Kedua Solu Bolon diperoleh tim dari Kabupaten Samosir.

Juara Ketiga ajang Solu Bolon ini diraih oleh Kabupaten Simalungun.

Hadiah utama Kompetisi Solu Bolon senilai Rp 260 juta. 

Saat acara pembukaan, ratusan putri putra Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berasal dari kabupaten sekitar Danau Toba juga menyajikan penampilan tarian-tarian ‘penyambutan dan selamat datang’.

Mereka mengenakan kostum warna warni yang mewakilkan keragaman serta kekayaan adat-istiadat maupun budaya masyarakat yang ada di Danau Toba.

Kemeriahan acara pembukaan tidak hanya sampai disitu, ada juga penampilan dari tim TNI AU pangkalan Adi Sucipto Jogjakarta, dari tim Jupiter Aerobatik di atas langit Balige.

Ada 6 pesawat warna merah putih yang melaksanakan manuver-manuver serta formasi ciamik dan ikonik. Atraksi ini disambut meriah oleh ribuan masyarakat Danau Toba yang telah memadati area tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion