Connect with us

Transportasi

Bandara Raja Sisingamangaraja XII Siap Sambut Peserta dan Penonton F1Powerboat

Published

on

Foto istimewa/AP2

JAKARTA (Bindo.id) – Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Silangit, Tapanuli Utara, bersiap sambut Kejuaraan Dunia F1Powerboat di Danau Toba, 2 – 3 Maret 2024.

F1Powerboat 2024 digelar di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, yang berjarak sekitar 25 – 30 menit dari bandara. 

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro menyampaikan, Bandara Raja Sisingamangaraja XII merupakan pintu masuk utama bagi para pembalap, seluruh kru tim, delegasi dan wisatawan nusantara maupun wisatawan domestik, yang ingin menyaksikan langsung event dunia F1Powerboat.

“AP II sebagai bagian dari InJourney Holding akan memastikan pelayanan di bandara tetap terjaga dan operasional penerbangan berjalan dengan baik untuk mendukung kesuksesan F1Powerboat 2024, dan untuk turut menjadikan Danau Toba sebagai host terbaik di event global ini,” ujar Cin, Selasa (13/2/2024). 

Dia menuturkan, keberadaan Bandara Raja Sisingamangaraja XII disiapkan untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. 

“AP II telah melakukan berbagai pengembangan secara berkelanjutan di bandara ini, guna siap mendukung berbagai event internasional di Danau Toba termasuk F1Powerboat,” jelasnya.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun mengatakan, persiapan menyambut F1Powerboat 2024 sudah sejak bulan ini. 

“Bandara akan menampilkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon untuk menyambut wisatawan,” ujar Ardon. 

Ornamen seni Gorga, yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba turut ditampilkan, di samping juga adanya penampilan seniman lokal dengan menggunakan alat musik tradisional.

Dia mengatakan, saat ini juga sudah dilakukan penyempurnaan dan beautifikasi di seluruh area bandara agar penyambutan terhadap delegasi dan wisatawan dapat maksimal.

Penyempurnaan dan beautifikasi di seluruh area, seperti misalnya di boarding lounge dilakukan terhadap kursi penumpang pesawat, lalu juga penataan taman di airside maupun landside.

Baca Juga  Angkasa Pura II Pastikan 20 Bandara Siap Layani Ratusan Ribu Penumpang di Long Weekend

Sementara itu terkait fasilitas dan infrastruktur, telah dilakukan uji keandalan fasilitas di sisi udara mencakup Airfield Lighting System (AFL), Precision Approach Path Indicator (PAPI), serta taxiway, apron dan runway. 

“Ramp Check terhadap semua peralatan telah dilakukan,” kata Ardon. 

Kolaborasi juga dilakukan semakin erat dengan seluruh stakeholder antara lain maskapai, ground handling, Bea dan Cukai, Imigrasi, serta TNI dan Polri. 

Saat ini terdapat empat maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII, yaitu Citilink, Super Air Jet, Indonesia AirAsia, dan Batik Air. 

Ardon menuturkan, slot time penerbangan dipastikan tersedia bila ada permintaan penambahan penerbangan (extra flight) dari maskapai sejalan dengan digelarnya F1Powerboat 2024. 

Kemeriahan F1Powerboat 2024 juga digaungkan di seluruh bandara AP II melalui beragam media yang ada di bandara. (bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion