Connect with us

Info Regional

Ratusan Orang Tua Hebat Lulusan SOTH Angkatan Pertama Diwisuda

Published

on

Sumber : Pemko Blitar
Sumber : Pemko Blitar

Kota Blitar, Bindo.id – Pemerintah Kota Blitar menghadirkan berbagai program kegiatan untuk menurunkan angka stunting. Salah satunya Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang baru pertama kali digelar di Kota Blitar. Bahkan angkatan pertamanya telah diwisuda pada hari Selasa (26/03/2024) di gedung Kesenian Aryo Blitar.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan sesuai dengan anjuran Pemerintah Pusat dalam menurunkan angka stunting perlu adanya pendidikan khusus bagi orangtua hebat yang mengasuh anak balita usia baru lahir sampai 5 tahun.

Dalam program SOHT, orang tua akan diberikan pengetahuan tentang penyebab dan upaya pencegahan stunting pada balita. Oleh karena itu, pihaknya berharap wisudawan SOHT angkatan pertama bisa bersinergi dengan Pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

“Harapan kita apabila orang tua faham pola asuh yang benar minimal stunting di Kota Blitar bisa berkurang,” kata Wali Kota Blitar.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting, BKKBN Provinsi Jatim, Sofia Hanik menjelaskan BKKBN diperintahkan untuk mengawal percepatan penurunan stunting sesuai dengan target yaitu 14%.

Oleh sebab itu, BKKBN menggagas SOTH sebagai salah satu solusi percepatan penurunan stunting yang sudah terlaksana sejak 2022.  Menurutnya dalam penurunan angka stunting diperlukan peran aktif dan kolaborasi multisektor, termasuk keikutsertaan masyarakat

“Tidak terjadinya lagi salah pengasuhan agar bisa menurunkan angka stunting di Jawa Timur,” jelas Sofia

Total, ada sekitar 343 orang tua yang diwisuda dalam SOHT Kota Blitar. Prosesi wisuda juga dihadiri jajaran Forkopimda Kota Blitar, BKKBN Prov Jatim dan lainnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Sambut Lebaran, Korlantas Polri Tambah 34 Titik ETLE di 3 Polda Jajaran