Connect with us

Info Regional

Heru Budi Jelaskan Prospek Jakarta Jadi Kota Global Saat Sambut Indonesia Trek 2024

Published

on

Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi sambut rombongan Indonesia Trek 2024 [beritajakarta]
Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi sambut rombongan Indonesia Trek 2024 [beritajakarta]

Jakarta, Bindo.id – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menerima kunjungan dari rombongan Indonesia Trek 2024.

Pertemuan ini digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).

Pada kesempatan ini, Heru melakukan pembahasan tentang masa depan Jakarta pasca dilakukan relokasi ibu kota Republik Indonesia ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Heru juga mengajak para peserta agar dapat menjalin kemitraan, demi meningkatkan pengembangan potensi Jakarta sebagai Kota Global serta memberikan dukungan terhadap pengembangan IKN Nusantara menjadi pusat administrasi pemerintahan baru Indonesia.

“Kita perlu bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah di sekitar, masyarakat, dan komunitas internasional untuk menghasilkan kebijakan-kebijakan publik yang berdampak,” tutur Heru, Jumat (5/1/2024).

Heru menuturkan dia memiliki harapan kepada para mahasiswa peserta Indonesia Trek 2024. Mereka diharapkan bisa menyumbangkan masukan pada kebijakan pembangunan yang berkelanjutan yang ada di Jakarta.

Mahasiswa Harvard Kennedy School of Government yang berasal dari Indonesia, Neta Cynara Anggina memberikan sambutan baik ajakan Heru untuk melakukan penjajakan kemitraan ini.

“Pj. Gubernur Heru tidak hanya memperkenalkan tradisi dan cita rasa Indonesia kepada para mahasiswa asing yang kami bawa, tetapi juga perspektif tentang Jakarta sebagai ibu kota dan berbagai tantangan maupun kesempatan yang akan dihadapi dalam beberapa tahun ke depan,” tutur Neta.

Hal selarasa juga diungkapkan oleh mahasiswa Harvard Kennedy School of Government asal Kanada Harout Manougian. Dirinya juga menyampaikan rasa cintanya untuk Jakarta.

“Jakarta berada dalam posisi yang baik untuk menyambut peralihan ibu kota negara, sekaligus tetap menjadi pintu gerbang ke Indonesia dan Asia Tenggara,” ucap Harout.

Dia menuturkan banyak sekali acara besar yang sudah digelar di Jakarta, mulai dari turnamen sepakbola FIFA maupun KTT ASEAN.

Baca Juga  42.000 Tiket Pesawat Garuda Indonesia Dan Citilink Dapat Diskon Hingga 75 Persen

“Sangat mudah untuk jatuh cinta dengan kota ini dan saya berharap untuk kembali,” ujarnya.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta Marulina Dewi menyebutkan Biro Kerja Sama Daerah memiliki komitmen untuk memperluas jejaring kerja sama agar dapat terus meningkatkan daya saing Jakarta menjadi Kota Global.

“Hari ini kami mempertemukan sejumlah mahasiswa dari universitas terkemuka Amerika Serikat dengan pejabat tinggi Jakarta. Semoga di masa depan, kami dapat menciptakan wadah tukar pikiran serupa untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) potensial Jakarta,” ujar Dewi.

Indonesia Trek merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Harvard Indonesian Students Association (HISA). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya serta mempromosikan Indonesia menjadi tujuan wisata, bisnis, maupun pekerjaan.

Pada tahun ini, kegiatan ini telah diikuti oleh 31 mahasiswa yang berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, serta India.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion