Connect with us

Info Regional

Kirab Gunungan Lima ke Makam Bung Karno, Meriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila

Published

on

1-bff9641c

Blitar, Bindo.id Usai melaksanakan Upacara Grebeg Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar, Pemkot Blitar menggelar Kirab Gunungan Lima menuju Makam Bung Karno (MBK). Iringan Kirab juga diikuti gunungan yang dibawa setiap kelurahan, OPD hingga instansi lainnya, Kamis (01/06/2023).

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjelaskan, Kirab Gunungan Lima menjadi agenda wajib saat peringatan Grebeg Pancasila di Kota Blitar.

Gunungan Lima yang berisi hasil bumi seperti sayur mayur, buah dan polowijo ini, dikirab dari Aloon-Aloon Kota menuju Makam Bung Karno MBK (MBK).

Menurutnya, lima gunungan ini menjadi simbol butir-butir Pancasila sebagai ideologi bangsa. Usai dikirab, kelima Gunungan didoakan terlebih dahulu sebelum akhirnya diperebutkan warga Kota Blitar di pelataran MBK.

Menurut Wali Kota Blitar, tradisi ini menjadi simbol kebersamaan dan gotong-royong warga Kota Blitar. Sehingga banyak masyarakat yang menantikan dan meramaikan kegiatan ini.

“Ini selalu dinanti-nantikan masyarakat. Kalau sudah dikirab, didoakan di MBK nanti juga diperebutkan oleh masyarakat dan ini yang selalu ditunggu,” terang Santoso.

Satu diantara warga yang ikut merebutkan Gunungan Lima, Rini Safitri asal Kelurahan Bendogerit mengaku setiap tahun selalu mengikuti kegiatan Kirab Gunungan Lima. Rini merebutkan sayur-mayur dan buah-buahan yang dikirab karena dipercaya memiliki berkah.

“Alhamdulillah dapat sayur, ini kita masak biar dapat berkah,” ujarnya.

Usai Kirab Gunungan Lima, rangkaian kegiatan Grebeg Pancasila dilanjutkan dengan Kenduri Tumpengan di Pelataran Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Source : Pemko Blitar

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  PKK Kota Blitar Bersama DKPP Lakukan Gerakan Tanam Cabai