Connect with us

Info Regional

Peringati Hari Lahir Pancasila 2023, Pemkot Blitar Gelar Upacara Grebeg Pancasila

Published

on

2-7eb9b14c

Blitar, Bindo.id – Pemerintah Kota Blitar menggelar Upacara Grebeg Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar, Kamis (01/06/2023). Upacara adat Grebeg Pancasila yang berlangsung meriah dengan iringan musik gamelan ini, menjadi agenda tahunan ini untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjelaskan, Pemerintah setiap tahun menggelar Upacara Grebeg Pancasila sebagai salah satu agenda khas Kota Blitar. Namun, upacara ini berbeda dari upacara pada umumnya. Sebab, seluruh petugas upacara menggunakan pakaian jawa yang menunjukkan identitas perjuangan di masa lalu. Semua instruksi saat pelaksanaan upacara juga menggunakan bahasa jawa. Bahkan, sebelum upacara berlangsung, ada lima gunungan berisi sayur, buah dan bahan makanan yang dipajang di Aloon-aloon Kota Blitar sebagai simbol lima butir Pancasila.

“Kita gelar upacara Grebeg Pancasila secara rutin untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Ini sudah menjadi ciri khas Kota Blitar dengan melibatkan kebudayaan di dalamnya,” jelas Santoso.

Dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Santoso berharap Kota Blitar terus memiliki berbagai inovasi dan perkembangan program yang memajukan daerah. Sehingga Kota Blitar bisa berkontribusi membangun bangsa dan negara. Selain itu, melalui upacara ini pihaknya berharap bisa meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme warga Kota Blitar.

“Harapannya Kota Blitar terus memiliki inovasi program yang bagus sehingga bisa membangun bansa dan negara, semangat nasionalisme dan patriotisme kembali bangkit,” tutupnya.

Upacara Grebeg Pancasila diikuti seluruh ASN Pemkot Blitar, pelajar dan warga Kota Blitar. Turut dihadir seluruh Kepala Dinas Kesehatan/Kabupaten Kota se-Jawa Timur, perwakilan UNICEF, Forkopimda Kota Blitar dan tamu undangan lainnya.

Source : Pemko Blitar

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  13 Kali Berturut-turut Pemerintah Kota Blitar Terima Penghargaan WTP Dari BPK RI