Connect with us

Info Regional

Mudik Gratis Dari PLN Sebanyak 10 Ribu Kuota Pada Lebaran 2023

Published

on

PLN selenggarakan mudik gratis lebaran 2023 [pikiranrakyat]
PLN selenggarakan mudik gratis lebaran 2023 [pikiranrakyat]

Jakarta, Bindo.id – PT PLN (Persero) adakan program mudik gratis di Lebaran 2023. Kuota yang disediakan PLN yaitu sebanyak 10 ribu. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menuturkan program ini merupakan program dari ‘Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023’.

Harapannya program tersebut dapat membantu pelanggan PLN yang berada di area Jabodetabek dan sejumlah kota besar lainnya yang ingin melakukan mudik. Mudik gratis ini menjadi agenda tahunan perseroan.

“Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, program mudik gratis ini bertujuan untuk menyediakan moda transportasi umum yang aman,” tutur Darmawan, Rabu (29/3).

Diharapkan mudik gratis ini dapat meminimalisir risiko kemacetan dan kecelakaan saat mudik.

Cara daftar mudik gratis PLN

Pendaftaran mudik gratis PLN dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile. Pendaftaran ini dibuka dengan dua tahap. Tahap I dibuka pada tanggal 29-31 Maret 2023. Sedangkan tahap II dibuka pada tanggal 5-7 April.

Keberangkatan berasal dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Bali. Khusus pada area Jabodetabek, pemudik rencananya akan diberangkatkan tanggal 18 April 2023. Kota tujuan mudiknya yaitu kota-kota yang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandar Lampung dan Palembang.

Dilansir dari CNNIndonesia, di bawah ini mekanisme mendaftarkan diri menjadi peserta mudik gratis PLN 2023:

  1. Peserta belum pernah melakukan pemdaftaran program mudik gratis di Kementerian BUMN maupun di instansi manapun.
  2. Pendaftaran menggunakan PLN Mobile. Peserta wajib mengisikan data diri yang valid sesuai dengan dokumen yang dilampirkan. Dokumen yang dilampirkan yakni KTP (untuk individu) dan KK (untuk keluarga). Dalam satu KK maksimal yang didaftarkan sebanyak 4 orang.
  3. Tiap peserta wajib transfer uang jaminan senilai Rp100 ribu per orang. Menjelang keberangkatan, uang tersebut akan dikembalikan. Akan tetapi, uang jaminan tak bisa dikembalikan apabila peserta batal berangkat.
  4. Bagi pemudik yang masih berusia balita, akan dihitung satu kursi. Selain itu, juga wajib untuk melampirkan akta kelahiran.
  5. Pendaftaran akan ditutup saat kuota mudik gratis ini dipenuhi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Musim Lebaran, Diprediksi Alami Kepadatan di Merak, Menhub Gelar Koordinasi Antisipasi