Connect with us

Transportasi

Sambut Mudik Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Berikan 4 Strategi untuk Cegah Kemacetan

Published

on

Sidang kabinet persiapan natal dan tahun baru [kemenko PMK]
Sidang kabinet persiapan natal dan tahun baru [kemenko PMK]

Jakarta, Bindo.id – Jelang libur Natal dan tahun baru, Pemerintah membuat strategi untuk mengatasi adanya kemacetan ketika mudik.

Pada sidang kabinet yang digelar di Istana Negara, Jakarta pada Senin (11/12/2023) lalu, Presiden Jokowi membahas persiapan untuk menyambut Natal dan tahun baru.

“Kemudian yang kedua ini rutinitas tapi apa pun harus tetap direncanakan, harus dipersiapkan yaitu Natal dan tahun baru,” kata Jokowi.

Langkah-langkah pemerintah dalam mencegah kemacetan saat libur Natal dan tahun baru sebagai berikut:

1. Perencanaan Transportasi
Jokowi menyampaikan terkait transportasi ya yang perlu direncanakan dengan benar. Dia menuturkan hal tersebut berkaitan dengan mobilitas warga ketika masa libur.

“Pak Menko ini agar disiapkan betul-betul utamanya yang berkaitan dengan transportasi,” ucapnya.

Muhadjir Effendy selaku Menko PMK mengatakan bahwa pihaknya dan kementerian/lembaga terkait telah merencanakan pencegahan terkait pengaturan transportasi. Rencana tersebut dijalakan dengan menaiki dari transportasi darat, laut, maupun udara.

“Untuk itu, pemerintah telah mengantisipasi dengan menyiapkan beberapa langkah, di antaranya satu, pengaturan transportasi darat. Kemudian tadi sudah dipaparkan dari Plt Kakorlantas dengan sangat lengkap. Dan kita harapkan penanganan lalu lintas darat ini akan jauh lebih baik dibanding Nataru tahun lalu,” katanya.

“Dan juga tentu saja akan memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada mereka yang akan melaksanakan kegiatan. Kemudian, pengaturan kegiatan penyeberangan juga sama, tadi sudah dilaporkan disamping oleh Pak Menhub juga oleh Dirut ASDP,” imbuhnya.

2. Alokasi Bahan Pokok
Adanya pencegahan tentang alokasi bahan pokok juga diminta oleh Jokowi. Jokowi menuturkan sejumlah 107 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Yang berkaitan dengan pasokan dan distribusi bahan-bahan pokok. Karena dari perhitungan survei terakhir ada kurang lebih nanti 107 juta pergerakan orang dalam Natal dan tahun baru,” katanya.

Baca Juga  Jokowi Usai Sholat Idul Adha di Gedung Agung, Ajak Cucu Sapa Warga dan Bagikan Kaos

3. Mudik Gratis
Menko PMK yakni Muhadjir Effendy, mengungkapkan bahwa mudik gratis telah disiapkan oleh pemerintah saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Hal ini dilakukan guna menambah aspek keselamatan

“Guna meningkatkan aspek keselamatan dan kelancaran selama mudik Nataru, masyarakat di sekitar Jabodetabek, pemerintah melalui Kemenhub menyediakan mudik bareng gratis libur Nataru,” ujar Muhadjir usai rakor persiapan libur Nataru 2024 di Kemenko PMK, Jakarta, Seni (11/12/2023).

“Ada 3.600 orang penumpang dengan menggunakan 9 unit bus. 120 motor akan diangkut dengan empat unit truk,” imbuhnya.

Muhadjir juga meminta perusahaan swasta untuk turut serta melakukan mudik gratis saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Muhadjir mengatakan prasarana mudik gratis bisa menekan angka kecelakaan.

“Saya pada kesempatan ini juga menyerukan kepada kementerian-kementerian kepada lembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta juga, untuk ramai-ramai menyediakan perjalanan gratis atau mudik gratis kepada karyawan dan kepada masyarakat umum. Karena berdasarkan pengalaman selama ini semakin banyak yang menyediakan fasilitas mudik gratis, perjalanan gratis, itu akan meringankan beban dan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan, insiden yang tidak kita harapkan di perjalanan,” katanya.

4. Meningkatkan Perjalanan Kereta-Pesawat
Muhadjir menyampaikan akan menambah titik penjualan tiket transportasi secara online. Muhadjir juga mengatakan bahwa jadwal perjalanan pesawat, kereta dan kapal akan diselaraskan dan melakukan peningkatakan.

“Kemudian kebijakan pembelian tiket secara online juga akan diperluas, akan diperbanyak titiknya, peningkatan layanan rest area juga akan diperbaiki di jalur-jalur tol. Kemudian, penambahan jadwal penerbangan, penyesuaian jadwal kapal penumpang, serta perjalanan kereta api juga akan disesuaikan,” lanjutnya.

Muhadjir mengungkapkan bahwa perkiraan puncak arus mudik Natal akan berlangsung pada 22-23 Desember 2023. Sedangkan arus balik akan terjadi pada 26-27 Desember 2023.

Baca Juga  RI Dan Vietnam Dorong Kerjasama Mobil Listrik Serta Ketahanan Pangan

Perkiraan puncak arus mudik Tahun Baru 2024 akan berjalan pada 29-30 Desember 2023. Sedangkan perkiraan arus balik mudik tahun baru 2024 terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion