Connect with us

Info Regional

Jokowi Pilih Lewat Jalan Rusak Daripada Lewat Jalan Yang Disiapkan Oleh Pemprov Lampung

Published

on

Presiden Jokowi melakukan peninjauan jalan rusak di Lampung, Jumat (5/52023) [antara]
Presiden Jokowi melakukan peninjauan jalan rusak di Lampung, Jumat (5/52023) [antara]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo memilih untuk tak melintas di jalur yang telah dijadwalkan oleh Pemprov Lampung ketika melakukan pengecekan jalanan rusak di provinsi tersebut.

Alasan Jokowi Tak Lewat Jalur Yang Telah Dijadwalkan

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengungkapkan Presiden Jokowi tak mau memakai jalur yang telah dijadwalkan, sebab kondisi jalan tersebut sudah lebih baik.

“Bukan baik sepenuhnya diperbaiki, tetapi ada perbaikan sedikit yang tidak permanen,” ujar Bey, Jumat (5/5/2023).

Bey menuturkan Jokowi ingin melewati jalan yang keadaannya belum diperbaiki. Hal tersebut supaya Jokowi dapat merasakan secara langsung kerusakan jalan yang ada di Lampung.

“Presiden mau menggunakan jalur jalan yang memang kondisinya belum diperbaiki,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Jokowi memilih jalur yang berbeda dengan yang dijadwalkan semula.

“Harapannya supaya bisa merasakan seperti apa kondisinya melewati jalan rusak di Lampung,” ujarnya.

Bey mengatakan bahwa masyarakat disana memiliki jenis kendaraan yang berbeda-beda, diantaranya mobil, motor, angkot, dan lain-lain. Hal ini dilakukan Presiden Jokowi agar dapat merasakan bagaimana keadaan yang dikeluhkan oleh masyarakat.

Bey memberikan penjelasan alasan Jokowi di tengah perjalanan berganti memakai mobil jip. Bey menyebut hal tersebut sebab ada indikator di mobil Mercy yang membawa Jokowi menyala. Oleh sebab itu, Paspampres menyarankan sebaiknya tidak usah mengambil risiko.

“Jadi konteks ganti mobil itu yang habis doorstop kesan Jokowi lewat jalan di Lampung,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengadakan inspeksi ke Lampung, Jumat (5/5/2023). Provinsi Lampung belakangan dikritik oleh publik sebab jalanannya masih rusak. Terdapat ruas jalan di Lampung Tengah yang beberapa waktu lalu sempat viral.

Pemerintah Provinsi Lampung telah mempersiapkan perbaikannya, namun Jokowi tak melewati ruas jalan yang telah dipersiapkan tersebut.

Ruas jalan yang telah disiapkan perbaikannya berada di Kecamatan Rumbia, ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya, Lampung Tengah. Di lokasi ini, alat-alat berat telah dipersiapkan. Di tempat ini juga sempat viral kritik warga dengan nama Mira Desiana. Kritikan tersebut diunggah via video TikTok pada Mei lalu.

Baca Juga  Hari Pers Nasional 2023, Semua Lembaga Diminta Jokowi Untuk Dukung Media Arus Utama

Akan tetapi Presiden Jokowi tak melewati Kecamatan Rumbia tersebut pada kunjungan yang dilakukannya pada hari Jumat (5/5/2023). Di Lampung Tengah, Jokowi melakukan peninjauan di Jl Seputih Rahman.

“Presiden Jokowi tidak sampai Rumbia,” tutur Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana, dilansir dari detikcom.

Levi mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah lewat Kota Gajah. Kota Gajah merupakan salah satu dari 14 ruas yang diprioritaskan agar dapat dilakukan perbaikan jalan. Pada kunjungannya ke Lampung ini, Presiden Jokowi pertama kali melakukan peninjauan jalan rusak yang ada di Jl Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Ruas ini tak termasuk 14 jalan yang mendapat prioritas akan diperbaiki Pemprov Lampung menggunakan APBD 2023. Walaupun demikian, jalan ini tetap akan dilakukan perbaikan.

Levi mengungkapkan walaupun tak termasuk 14 ruas prioritas utama untuk menumbuhkan perekonomian, namun ruas Simpang Korpri-Purwotani (Terusan Ryacudu) adalah akses utama gerbang Tol Kotabaru Itera.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion