Connect with us

Inspirasi

Cerita Haru di Pelindo Mengajar, Anak Nelayan dan Pegunungan ini jadi Direktur

Published

on

foto:istimewa/pelindo

Tuban, Bindo.id – Cerita haru menyeruak di sela Indonesia Mengajar yang digelar PT Pelindo Marine Service, anak usaha PT Pelindo, Senin (18/9/2023).

Sri Ari Sumaryati (68), pensiunan guru fisika SMAN 1 Tuban, tersenyum haru ketika bertemu muridnya, Warsilan, yang kini berkarir menjadi direktur di salah satu anak usaha BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, pada acara Pelindo Mengajar 2023 di SMAN 1 Tuban, Jawa Timur.

Warsilan yang berasal dari Kampung Nelayan Ngaglik, Tuban, kini memanggul amanah sebagai Direktur Utama PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines.

Lini bisnis BUMN Pelindo yang mengoperasikan kapal pandu dan kapal tunda di 46 pelabuhan di Indonesia.

Sri mengungkapkan, sebagai pendidik yang telah purnatugas (pensiun), salah satu kabar bahagia yang selalu ditunggu-tunggunya yaitu kisah keberhasilan anak didiknya.

“Ukuran keberhasilannya bukan cuma pekerjaan, tetapi lebih kepada berhasil membawa dirinya menjadi pemimpin yang berguna bagi masyarakat dan negara. Apalagi bekerja di BUMN dan tidak melupakan untuk memerhatikan orang di sekitarnya. Semoga memacu semangat adik-adiknya (di SMAN 1 Tuban) untuk juga bisa menjadi sosok yang berguna,” paparnya haru dan senang.

Warsilan datang bersama enam orang alumni SMAN 1 Tuban lainnya yang kini juga berkarir beragam posisi di Pelindo.

Mulai dari operasional pelayanan pelabuhan, teknik terminal peti kemas, Sumber Daya Manusia (SDM), auditor, hingga yang bertugas di sektor kesehatan, yakni di Rumah Sakit PHC Surabaya.

“Senang bisa mengajak alumni lainnya, sehingga adik-adik yang duduk di Kelas 12 SMA atau menjelang kuliah ini bisa mendapatkan motivasi dan contoh yang real. Bahwa kuliah di jurusan apapun itu baik. Rahasianya hanya konsisten menekuni ilmunya dan berpikir terbuka untuk pengetahuan lainnya. Kelak diharapkan mampu mengambil kesempatan untuk berperan maksimal di profesinya dan tentunya juga untuk berbagi dengan kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Erick Thohir Rencanakan Pembangunan Depo Pengganti Plumpang Akhir 2024

Pada kegiatan yang dinisiasi oleh Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN tersebut, juga hadir Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto.

Dia mengungkapkan, dengan menunjuk dirinya sebagai bukti nyata, bahwa anak dari kabupaten di kaki Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur, juga bisa menjadi pemimpin perusahaan di industri maritim yang identik dengan laut.

“Saya selalu percaya bahwa rezeki tak akan pernah tertukar. Selama kita rajin berikhtiar dan terus belajar. Karenanya misi Pelindo Mengajar ini juga untuk memotivasi semangat belajar siswa dan siswi untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia, serta mendukung lahirnya generasi emas Indonesia 2045 yang mewujudkan visi Indonesia Maju,” paparnya.

Program Pelindo Mengajar 2023 dihelat di 28 lokasi. Mulai dari Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur, dari 15 – 19 September 2023.

Komisaris dan Direksi di grup usaha Pelindo turun tangan menjadi fasilitator belajar yang berinteraksi langsung dengan siswa-siswi di berbagai daerah.

Pelindo Marines sebagai pelaksana agenda Pelindo Mengajar di SMAN 1 Tuban sekaligus menyalurkan Program TJSL prioritas pendidikan berupa bantuan fasilitas pendidikan senilai Rp20 juta.

Kemudian masih dalam suasana
Peringatan Hari Literasi Nasional dibagikan 100 buku motivasi dari Penerbit Buku Kompas.

Juga ada cenderamata kapal tunda berbahan kardus daur ulang, tumbler, dan tas lipat, untuk menyosialisasikan semangat gaya hidup ramah lingkungan pada para pelajar.

Pada kesempatan yang sama, Wiwik Widowati, Kepala Sekolah SMAN 1 Tuban menyampaikan rasa terima kasih atas kolaborasi pelaksanaan Pelindo Mengajar di aula Ki Hajar Dewantara yang merupakan Bangunan Cagar Budaya di sekolahnya.

Menurutnya, inisiatif Pelindo Mengajar merupakan wujud nyata dari tiga semboyan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga  Dukung Pembangunan Inklusif Disabilitas, Subholding Pelindo Gelar Program KEDIP

“Ing ngarso sung tuladha, di depan para alumni hadir memberi contoh teladan. Ing madyo mangun karso, di tengah ada Pelindo sebagai BUMN Indonesia yang hadir membersamai pelajar dengan semangat. Tut wuri handayani, dari belakang ada para guru pengajar yang selalu mendorong muridnya dalam upaya dan doa,” pungkasnya.

Pelindo Mengajar 2023 di SMA N 1 Tuban kental dengan kehangatan nuansa nostalgia. Kemudian acara juga dipuncaki dengan menyanyi bersama para pengajar, pelajar, dan insan Pelindo serta Pelindo Marines yang tulus datang untuk berbagi dan memotivasi. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion