Connect with us

Inspirasi

5 Ide Lifehack untuk Anak Kos-Kosan Uang Bulanan Ga Cepat Habis, Wajib Dicoba!

Published

on

Manajemen Keuangan ala Anak Kos
Photo Credit: cermati.com

Menjadi mahasiswa dan hidup merantau terkadang akan membuat kita semua harus berpikir keras untuk mengatur keuangan agar tidak kehabisan saat akhir bulan. Terlebih, banyak sekali kebutuhan yang harus kita penuhi baik itu untuk kebutuhan kampus atau kebutuhan sehari hari.

Nah, berikut ini sudah ada 5 ide lifehack untuk anak kos-kosan uang bulanan ga cepat habis yang bisa Anda coba. Apa sajakah ide lifehack itu?

5 Ide Lifehack untuk Anak Kos-Kosan Uang Bulanan Ga Cepat Habis

Banyak anak kos yang masih belum terlalu mengetahui bahwa ternyata ada banyak sekali lifehack yang pasti akan membantu meminimalisir pengeluaran. Mari kita simak ide lifehack yang sangat berguna dan patut untuk diterapkan sendiri secara mandiri.

Hindari Membeli Air Mineral dalam Kemasan Botol

Ide yang pertama yaitu Anda harus mengusahakan untuk memiliki persediaan air minum yang banyak. Hal ini bisa juga diartikan bahwa Anda harus membeli air mineral dalam bentuk galon yang besar karena volume airnya pasti akan mampu membantu Anda memenuhi kebutuhan mineral selama beberapa minggu.

Apabila Anda menggunakan air mineral kemasan botol, kemungkinan Anda akan menjadi sangat boros karena pastinya botol tersebut memiliki air yang sedikit. Tidak hanya itu, namun air kemasan botol juga harus mudah habis dan hanya bisa bertahan selama kurang lebih satu atau dua hari saja, sehingga mengganti menggunakan galon adalah pilihan yang paling tepat.

Belajar Investasi

Ketika masih menjadi mahasiswa, mungkin Anda akan sibuk dengan tugas dan pekerjaan yang berhubungan dengan akademik. Oleh karena itu, terkadang Anda tidak memiliki waktu untuk mencari pengalaman lainnya seperti melakukan pekerjaan paruh waktu atau pun kegiatan lainnya yang bisa membantu Anda mendapat uang.

Akan tetapi, hal itu bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa pun dan pasrah pada keadaan saja. Anda bisa mulai mencoba untuk belajar melakukan investasi kecil-kecilan sehingga kegiatan ini akan menghasilkan passive income di mana Anda tidak perlu bergerak namun tetap bisa mendapatkan uang.

Baca Juga  Wajib Dicoba, Inilah 5 Lifehack Kreatif Agar Bersih-bersih Rumah Semakin Mudah dan Praktis

Akan tetapi, tentu saja investasi ini harus dipelajari dengan tepat dan gunakan bantuan dari pihak yang sudah ahli agar investasi Anda berjalan baik.

Kurangi Memakai Jasa Laundry

Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk menggunakan jasa laundry atau cuci baju yang memang selalu marak ditemukan terlebih di perumahan yang penuh oleh mahasiswa. Sebab, laundry ini begitu praktis dan tidak akan membuat Anda merasa kelelahan. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika Anda mencuci baju sendiri karena memakai laundry harus menunggu lama dan sangat boros.

Apabila Anda memang merasa tidak sempat untuk mencuci baju sendiri, maka selalu biasakan untuk mencuci setiap satu hari atau dua hari sekali ketika Anda baru pulang dari kampus. Dengan begitu, maka pakaian pun tidak akan menumpuk terlalu banyak dan Anda tetap memiliki baju yang pantas untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Kumpulkan Uang Receh

Lifehack yang selanjutnya adalah Anda bisa mengumpulkan uang receh yang sebelumnya Anda dapatkan ketika menerima kembalian setelah membeli sesuatu. Dengan mengumpulkan uang receh, ketika Anda kehabisan uang nantinya akan tetap ada uang yang bisa Anda pakai sebagai dana darurat. Anda bisa menggunakan kotak yang memang tidak digunakan untuk menyimpan uang receh tersebut.

Meskipun uang receh itu jumlahnya masih sedikit, akan tetapi jika Anda perlahan-lahan mengumpulkan uang itu maka bisa dipastikan jumlahnya akan mampu membantu memenuhi kebutuhan harian Anda selama beberapa hari. Hal itu akan membantu Anda bertahan hingga mendapatkan uang bulanan yang baru dari orang tua di bulan berikut.

Buat Mie Menggunakan Rice Cooker

Terakhir, buatlah mie instan memakai rice cooker karena alat ini memang begitu praktis dan efisien. Dengan begitu, Anda tidak perlu harus membeli makanan dari luar ketika kehabisan uang untuk membeli nasi. Caranya sendiri juga tidak terlalu rumit, sebab Anda tinggal memasukkan air ke dalam rice cooker dan nyalakan seperti biasanya.

Baca Juga  5 Lifehack Supaya Produktivitas Karyawan Meningkat dan Menghilangkan Malas

Apabila air di dalam rice cooker sudah mendidih, masukkanlah mie ke dalamnya dan tunggu selama kurang lebih 3 menit. Lalu, tiriskan mie tersebut dan Anda pun bisa segera menikmati kelezatan mie instan agar bisa menghemat pengeluaran. Tidak hanya mie instan saja, namun ternyata Anda pun dapat membuat kuliner lainnya dengan memakai rice cooker ini seperti membuat sup dan lain sebagainya.

Itu dia 5 ide lifehack untuk anak kos-kosan uang bulanan ga cepat habis yang bisa Anda terapkan sendiri ketika hidup merantau. Dengan menerapkan cara di atas, maka dijamin Anda pasti bisa survive dengan sempurna ketika berada di kos.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *