Connect with us

Inspirasi

5 Lifehack Supaya Produktivitas Karyawan Meningkat dan Menghilangkan Malas

Published

on

Kiat sukses karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan melawan rasa malas
Photo Credit: envato.com

Apakah Anda merasa pekerjaan saat ini sangat membosankan karena hanya berkutat pada tugas yang itu-itu saja tanpa ada perkembangan? Maka, kemungkinan ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan produktivitas sehingga performa Anda pun juga lebih baik. Berikut ini adalah 5 lifehack supaya produktivitas karyawan meningkat untuk membantu Anda.

Lifehack Supaya Produktivitas Karyawan Meningkat

Produktivitas seorang karyawan sangat berpengaruh terhadap perkembangan milik perusahaan, oleh karena itu alangkah lebih baik apabila Anda memperbaiki diri dan menampilkan kinerja yang lebih maksimal lagi. Untuk mengetahui beberapa cara dalam meningkatkan produktivitas bagi karyawan, simaklah beberapa ide di bawah ini.

Selesaikan Tugas Terberat Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyelesaikan tugas yang terberat terlebih dahulu. Ini adalah mindset yang perlu dibiasakan karena dengan menyelesaikan tugas paling besar dan paling menyita energi, maka Anda pasti akan menjadi lebih rileks dan ringan ketika sudah menyelesaikannya.

Beberapa karyawan sering memilih untuk mengerjakan tugas yang ringan terlebih dahulu karena tidak terlalu percaya diri untuk menyelesaikan tugas berat, padahal ini adalah hal yang tidak terlalu tepat. Sebab, jika sudah menyelesaikan tugas ringan, terkadang karyawan akan merasa sudah terlalu lelah untuk mengerjakan tugas berat alias burn out. Jika mengalami burn out, maka pasti tidak akan merasa fokus lagi mengerjakan tugas berat sehingga hasil akhirnya pun asal-asalan. Untuk itu, segera selesaikan tugas berat itu ketika energi Anda masih banyak.

Hindari Hal yang Bisa Menginterupsi Konsentrasi

Ada beberapa hal yang terkadang luput dari perhatian karyawan, salah satunya adalah adanya berbagai macam interupsi yang bisa mengganggu konsentrasi. Interupsi yang tidak kunjung berhenti akan membuat Anda terdistraksi secara tidak sadar sehingga tidak kunjung menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sudah diberikan.

Salah satu contohnya adalah terlalu sering mengobrol dengan kolega lain membicarakan hal yang kurang penting, terlalu asyik dalam memainkan ponsel, memutar lagu kesukaan setiap saat, dan lain sebagainya. Interupsi tersebut akan membuat Anda mengalihkan fokus utama sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hindari hal yang memicu Anda untuk tidak berkonsentrasi dengan mematikan ponsel atau membicarakan hal yang seperlunya dengan karyawan lain.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Karyawan terkadang akan menetapkan tujuan atau goals yang terlalu tinggi, dan hal ini sadar tidak sadar justru akan membuat Anda merasa sangat kewalahan karena butuh banyak upaya untuk menggapai tujuan itu. Tidak hanya kelelahan saja, namun terkadang Anda pun akan merasa kecewa dengan diri sendiri ketika hasil yang Anda capai ternyata tidak sesuai sama sekali dengan ekspektasi yang Anda miliki.

Baca Juga  5 Ide Lifehack untuk Anak Kos-Kosan Uang Bulanan Ga Cepat Habis, Wajib Dicoba!

Carilah gagasan yang jelas mengenai apa yang memang ingin Anda capai sehingga hal ini akan mempermudah Anda untuk mengambil tindakan yang tepat. Anda bisa mencoba untuk menulis tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu panjang atau pendek. Tentukan kerangka waktu Anda sendiri dan pastikan untuk mencatat segala kemajuan baik itu kecil atau pendek yang sudah Anda alami.

Rayakan Kesuksesan

Selanjutnya, Anda juga harus mampu mengapresiasi diri sendiri dan jangan lupa untuk menanamkan mindset bahwa segala kerja keras Anda adalah hal yang baik dan tidak sia-sia sama sekali. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami perubahan yang positif dari sisi produktivitas maka Anda bisa mencoba untuk merayakan kesuksesan itu.

Tidak perlu merayakan secara mewah dan megah, namun Anda bisa merayakannya dengan membeli beberapa hal yang memang mampu membuat mood Anda kembali naik. Dengan memberikan apresiasi atas hasil kerja keras Anda, pastinya Anda pun menjadi lebih bersemangat lagi untuk semakin berkembang dan melakukan banyak hal yang bisa membuat diri Anda menjadi karyawan yang baik.

Jangan Lupa Istirahat

Selain merayakan kesuksesan, Anda juga tidak boleh lupa beristirahat dan harus menenangkan pikiran Anda selama beberapa saat. Hal ini sangat penting karena apabila Anda memforsir diri sendiri untuk bekerja terus menerus tanpa henti, bukannya menjadi semakin produktif justru Anda akan hanya merasa kelelahan saja.

Untuk itu, apabila memang pekerjaan dan tugas sudah selesai, Anda harus segera beristirahat secara total dan hindari hal-hal yang memicu Anda merasa emosi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kembali energi secara penuh agar bisa digunakan untuk bekerja dengan baik keesokan harinya.

Nah, itu dia 5 lifehack supaya produktivitas karyawan meningkat yang bisa Anda coba ketika Anda merasa hampir menyerah dalam pekerjaan. Apabila masalah tentang produktivitas ini sudah bisa Anda tangani dengan baik, maka dijamin bahwa nantinya Anda bisa bekerja dengan lebih maksimal tanpa terganggu dengan hal lainnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Wajib Dicoba, Inilah 5 Lifehack Kreatif Agar Bersih-bersih Rumah Semakin Mudah dan Praktis
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *