Connect with us

Otomotif

Offroader Wanita, Lody Francis Natasha dan Sasty Laksamana Bersiap Harumkan Indonesia di AXCR 2023 di Thailand-Laos

Published

on

foto:istimewa
foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Nama Lody Francis Natasha sudah tak asing lagi terdengar di dunia balap lantaran seorang offroader wanita Indonesia yang tetap eksis sampai saat ini.

Kini, perempuan yang identik dengan jeep dan offroad itu bersiap untuk menjajal Asia Cross Country Rally 2023, di Thailand – Laos, bersama dengan rekannya Sasty Laksamana, Kamis (20/7/2023).

Adapun Asia Cross Country Rally digelar pada 13 hingga 19 Agustus 2023 dan memiliki rute Thailand-Laos dengan jarak kurang lebih 2.000 kilometer (km).

Saking bergengsinya, balap reli ini sering dijuluki sebagai Dakar Rally versi Asia.

Adapun Lody dan Sasty akan menjadi wakil dari Indonesia di kelas perempuan sekaligus peserta perempuan pertama dari Indonesia di kelas 4×4.

Lody mengatakan keikutsertaan dalam Asia Cross Country Rally atau yang biasa dikenal dengan AXCR itu menjadi tantangan tersendiri sekaligus mewujudkan mimpi besarnya, apalagi bisa dilakukan bersama dengan sahabatnya.

Dirinya meyakini Sasty sebagai rekannya akan mempermudah melewati berbagai macam rintangan saat di ajang AXCR.

“Saya ingin mengalami reli lintas negara ini dengan seorang wanita, dan itu harus dengan sahabat saya dari bangku TK. Harapannya adalah saya bisa menyelesaikan ajang ini dengan maksimal dan membuat Indonesia bangga,” kata Lody.

Sedangkan bagi Sasty, Asia Cross Country Rally bukan hal baru dalam hidupnya. Tercatat, ia pernah menjadi tim support Indonesia di AXCR pada 2017 hingga 2022.

“Bahwa semua ibu, istri, wanita karir, dan semua wanita di luar sana, berani mengejar impiannya seperti saya bahkan ketika orang lain mengatakan bahwa mereka sudah terlambat untuk melakukannya,” ucapnya.

Untuk diketahui, AXCR sudah digelar sejak 1996. Reli ini digelar lintas negara dan pernah diadakan mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Laos, Vietnam, Kamboja, hingga Myanmar.

Baca Juga  Tim Aksi Cepat Kemenhub Berhasil Evakuasi Kapal Kandas di Perbatasan RI-Singapura

AXCR didukung The Federation International Automobile (FIA) -badan pengatur yang sama dengan Formula 1-, World Rally Championship (WRC), dan Dakar Rally.

AXCR menjadi ujian besar untuk semua aspek keterampilan peserta dan tim hingga batasnya dengan menantang para peserta melalui berbagai kombinasi medan mulai dari daerah pegunungan, hutan, rawa, sisi pantai, penyeberangan sungai, gurun, perkebunan, aspal, hingga sirkuit -bersama dengan banyak kondisi cuaca tak terduga yang dihasilkan oleh alam di Asia. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion