Connect with us

Destinasi

Kemenparekraf: Pesona Belitung Beach Festival Bisa jadi Pemicu Penerbangan Internasional ke Belitung

Published

on

Foto;istimewa/Kemenparekraf

Belitung, Bindo.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan “Pesona Belitung Beach Festival 2023” yang menghadirkan pertunjukan seni budaya serta kesenian khas Belitung.

Event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf ini, diharapkan dapat ditingkatkan skalanya menjadi event internasional sehingga menjadi pemantik/pemicu untuk dibukanya kembali penerbangan internasional ke Belitung.

Menparekraf Sandiaga saat membuka “Pesona Belitung Beach Festival” di Pantai Tanjung Pendam, Belitung, Jumat (2/6/2023) malam, mengatakan, Belitung merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di tanah air.

Belitung bahkan telah ditetapkan sebagai 1 dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) atau 10 Bali Baru karena keindahan alam serta ragam budayanya.

“Daya tarik Belitung juga semakin kuat dengan diselenggarakannya berbagai event termasuk ‘Pesona Belitung Beach Festival’ sebagai event yang berkualitas dan menonjolkan kearifan lokal,” kata Sandiaga.

Pesona Belitung Beach Festival 2023 mengangkat tema “Belitung Tourism to The World” yang menonjolkan budaya-budaya dan kesenian Belitung khususnya Geopark Belitung.

Berlangsung mulai 1 hingga 4 Juni 2023, acara ini diisi berbagai festival di antaranya parade budaya, pertunjukan seni dan budaya, lomba Geopark Unique Fashion Carnaval, kompetisi band, aksi bersih pantai, expo PBBF, dan nantinya ditutup dengan pesta kembang api.

Menparekraf Sandiaga menilai Pesona Belitung Beach Festival setiap tahunnya menunjukkan peningkatan kualitas.

Dia mendorong agar di tahun depan acara ini dapat ditingkatkan skalanya menjadi event internasional sehingga semakin memperkuat minat kunjungan wisatawan khususnya mancanegara.

“Kami akan mendukung dengan totalitas dengan harus mempertimbangkan secara khusus bahwa ada penerbangan langsung untuk melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dan Singapura,” ungkap Sandiaga.

Baca Juga  Sandiaga Uno Resmi Gabung PPP, Mardiono Berikan KTA dan Jaket Hijau

Kemenparekraf dikatakannya berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata termasuk ekonomi kreatif di Belitung.

Termasuk dengan memberikan pelatihan dan pendampingan serta bantuan pemasaran juga pembiayaan yang berkesinambungan dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia.

“Dengan begitu, target 8,5 juta wisatawan mancanegara dapat tercapai. Belitung jadi destinasi unggulan bagaimana kita menjaga momentum saat ini wisatawan yang semakin meningkat sehingga mendukung perekonomian masyarakat dan terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” kata dia.

Pj. Gubernur Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengapresiasi dukungan Kemenparekraf terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Belitung termasuk dalam penyelenggaraan event.

“Event ini tidak hanya memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi dengan terjadinya perputaran uang di masyarakat, tapi juga sebagai bagian dari pelestarian budaya lokal dan nilai tradisi di Belitung,” ujar Suganda.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Belitung, Sahani Saleh; serta Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion