Connect with us

Musik

BSN Akan Terbitkan Sertifikasi SNI Bagi Promotor Musik Usai Banyak Penipuan Tiket Konser

Published

on

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh Syaefudin Achmad [kagama]
Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh Syaefudin Achmad [kagama]

Jakarta, Bindo.id – Badan Standardisasi Nasional (BSN) rencananya akan mengadakan standardisasi mutu kepada promotor musik atau penyelenggara event yang ada di Indonesia.

Standardisasi tersebut dibuat sebab saat ini marak penipuan tiket konser Coldplay yang akan dipentaskan pada tanggal 15 November 2023.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh Syaefudin Achmad menuturkan baru ada kebutuhan dari masyarakat dan stakeholder.

“Harus ada standar management event dari penyelenggaraan event di Indonesia,” tutur Kukuh, Rabu (24/5/2023).

Dia menyebutkan pihaknya sedang membahas kebutuhan Standar Nasional Indonesia (SNI) promotor event, konser musik, dan penyelenggara event di Indonesia.

“Kan harusnya bisa disertifikasi kita sedang membicarakan itu kemungkinan dengan kementerian parekraf untuk penyelenggaraan umum parekraf,” ujarnya.

“Kalau penyelenggaraan di bidang olahraga ke Kemenpora,” imbuhnya.

Harapannya, BSN bisa memberikan bantuan kepada pemerintah untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir penipuan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.

“Kita tugasnya kan mendukung kementerian mereka punya aturan regulasi didalamnya,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga membutuhkan kepastian standar itulah yang akan dibantunya.

Polda Metro Jaya telah meringkus pria yang inisialnya ABF (22) dan perempuan W (24). Keduanya ditetapkan menjadi tersangka pada kasus penipuan tiket konser Coldplay, dilansir dari tribunnews. Keduanya berhasil diringkus di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penangkapan tersebut dilaksanakan usai Subdit Siber Ditkrimsus Polda Metro Jaya mendapatkan laporan nomor LP/B/2732/V/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA, tertanggal 19 Mei 2023 yang disampaikan oleh korban dengan inisial ANFP pada hari Jumat (19/5/2023).

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Tiket Presale Konser Coldplay Ludes Terjual, Promotor Bocorkan Kuota Tiket Yang Dijual