Connect with us

Ekonomi

Bantuan Pangan Beras Dari Pemerintah Rencananya Akan Berlanjut Hingga Juni 2024

Published

on

Bulog [inews]

Jakarta, Bindo.id – Badan Pangan Nasional telah memastikan bahwa bantuan pangan yang disalurkan untuk 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan diteruskan hingga bulan Juni 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sesuai dwngan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta sudah ditetapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Perintah Pak Presiden bantuan pangan itu dilanjutkan sampai Maret, bahkan tadi diputuskan atas pemintaan Menko Perekonomian sampai dengan Juni,” ungkap Arief saat ditemui di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024).

Arief juga menyebutkan bahwa bantuan pangan tersebut akan jadi strategi yang dipakai oleh pemerintah agar dapat menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat. 

Sehingga masyarakat kelas bawah dapat terjamin ketersediaan pangannya saat kondisi kelangkaan pangan mengancam.

“Ini kan terus kan. Jadi karena panen itu geser ke Mei-Juni, maka benar-benar kita siapin,” tuturnya.

Dirinya menyebutkan bahwa masyarakat di bawah perlu sekali diberikan bantuan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah memberikan sinyal yakni pemerintah memiliki rencana untuk memperpanjang masa pemberian bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) dlsampai Juni 2024.

Sebelumnya bantuan ini rencananya hanya akan diberikan sampai Maret 2024.

Jokowi mengungkapkan hal tersebut 2 kali ketika mengadakan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan Jokowi ketika mengadakan kunjungan di Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas serta saat berkunjung di Gudang Bulog Munjung Agung, Kabupaten Tegal.

Akan tetapi Jokowi memberi catatan khusus tentang perpanjangan pemberian bantuan beras 10 kilogram.

Bantuan tersebut dapat diperpanjang sampai bulan Juni 2024 apabila kondisi APBN memungkinkan.

“Bantuan serupa akan diupayakan pemerintah untuk dilanjutkan hingga bulan Juni mendatang apabila kondisi APBN memungkinkan,” ujar Jokowi dilansir dari akun Instagram resmi @jokowi, Kamis (4/1/2024).

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Airlangga Dengarkan Keluhan Masyarakat Saat Kunjungan Ke Magelang dan Purworejo