Connect with us

Ekonomi

Di Triwulan Pertama 2023, Pelindo Multi Terminal Catatkan Kinerja Positif

Published

on

Foto:istimewa/SPMT

Medan, Bindo.id – Pada Triwulan Pertama 2023, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia mencatatkan hasil positif pada kinerja operasional perusahaan.

Hingga Maret 2023, tercatat arus bongkar muat komoditas curah cair mencapai 7,1 juta Ton dan angka bongkar muat curah kering mencapai 12,7 juta Ton.

Sementara itu, arus bongkar muat general & bag cargo tercatat mencapai 5.8 juta Ton/M3. Demikian juga melalui komoditas gas yang terealisasi sebesar 3 juta MMBTu (Metric Million British Thermal Unit).

Tak hanya itu, arus bongkar muat peti kemas yang dilayani SPMT sepanjang Triwulan Pertama 2023 tercatat mencapai 118,263 TEUs. Di sisi lain, arus kendaraan yang dilayani oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. mencapai 371,963 Unit.

“Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik di tahun 2023 ini serta didukung dengan proses transformasi yang terus berjalan di internal perusahaan, kami optimis kinerja Pelindo Multi Terminal akan terus meningkat di tahun ini dan dapat memenuhi harapan para pemegang saham,” ujar Corporate Secretary PT Pelindo Multi Terminal, Fiona Sari Utami.

Setahun pasca Integrasi Pelabuhan Indonesia, PT Pelindo Multi Terminal telah mengambil sejumlah langkah aksi korporasi sepanjang 2022 dan 2023 melalui pengoperasian 10 Branch Pelabuhan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, inbreng saham anak perusahaan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, PT Pelabuhan Tanjung Priok, dan PT Terminal Curah Utama, serta dijalankannya tahapan proses transformasi dan digitalisasi layanan operasional di seluruh pelabuhan yang dikelola SPMT. Langkah ini diharapkan dapat bermuara pada peningkatan layanan dan konektivitas kepelabuhanan.

“Pelindo Multi Terminal berkomitmen untuk mengawal konektivitas logistik Indonesia; menjaga kelancaran arus barang di Pelabuhan melalui kesiapan operasional 24/7, dengan SDM yang handal, didukung teknologi serta sistem digitalisasi untuk menjangkau seluruh aktivitas layanan kepelabuhanan, dan kemudian untuk rencana ke depannya SPMT akan melakukan Serah Terima Operasi (STO) beberapa terminal dalam rangka melaksanakan inisitif strategis dan juga aksi strategis korporasi,” pungkas Fiona.

Baca Juga  Target 51 Juta Ton di Tahun 2023, Ini yang Dilakukan di 11 Area Wilayah Kerja PTP

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU).(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion