Connect with us

Teknologi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Internet Service Provider

Published

on

Ilustrasi menara BTS Internet Service Provider (ISP)

Advertorial – Perkembangan dunia teknologi yang semakin jauh dan canggih pun membuat kehidupan berubah dengan pesat. Salah satu perkembangan yang sangat canggih dan berguna adalah keberadaan Internet Service Provider atau yang sering disingkat sebagai ISP. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan ISP itu dan apa saja kegunaannya? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, simaklah penjelasan singkat yang ada di bawah ini.

Apa Itu Internet Service Provider

ISP juga sering disebut dengan IAP atau Internet Access Provide. Mereka bertugas sebagai sebuah lembaga atau produsen yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan konsumen umum sehingga konsumen tersebut dapat mengakses internet dengan lancar dan mudah dari berbagai macam lokasi.

Layanan yang satu ini tidak bisa digunakan secara gratis sehingga kita semua harus membayarnya dengan jumlah tertentu. Jaringan yang disajikan oleh ISP ini terbilang sangat luas bahkan tidak hanya bisa mencakup penggunaan lokal saja, namun jaringannya dapat mencapai kawasan internasional sehingga masyarakat di seluruh dunia bisa saling terhubung secara global.

Ada banyak sekali jalur transmisi yang dipakai oleh ISP ini yakni melalui kabel, modem, sinyal radio, dan jalur lainnya yang masih banyak lagi. Data yang digunakan bisa mengalir melalui jaringan transmisi tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya hanya dalam hitungan detik saja.

Beberapa Jenis ISP

Dalam ISP, masih ada beberapa jenis lainnya yang dapat dipakai oleh masyarakat umum dengan bebas. Beberapa jenis ISP yang pasti sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Jaringan Internet Seluler

Jenis ISP yang pertama merupakan jaringan internet seluler seperti jaringan 5G atau 4G dan sering dipakai pada ponsel. Jaringan internet seluler ini mampu menghasilkan koneksi internet melalui paket data internet yang sudah disediakan oleh pihak ISP. Melalui paket data tersebut, maka pengguna pun tidak perlu harus memakai sambungan kabel ketika mereka ingin mengakses internet.

2. Satelit (VSAT)

Koneksi satelit (VSAT) menjadi jenis ISP yang kedua dan jenis yang satu ini memakai satelit komunikasi luar biasa yang menggunakan jaringan broadband agar bisa menyediakan layanan internet. Agar bisa menangkap jaringan broadband melalui koneksi satelit, maka pengguna pun harus menggunakan antena parabola terlebih dahulu. Nanti, parabola akan menyebarkan jaringan internet menuju ke beberapa perangkat yang lain.

Baca Juga  Wajib Tahu, Tips Memulai Bisnis Provider Internet RT RW NET

3. TV Kabel

TV kabel adalah jenis koneksi internet yang sambungannya diperuntukkan untuk televisi dan sama seperti satelit, jenis ISP kini memakai jaringan broadband. Umumnya, jaringan broadband yang berasal dari televisi kabel akan diantarkan melalui kabel fiber optic. Setelah itu, kabel itu akan disambungkan dengan router atau modem sehingga bisa menyebarkan koneksi internet di perangkat.

4. DSL

DSL atau yang disingkat dari Digital Subscriber Line ini merupakan jenis koneksi internet dihasilkan dengan menggunakan jaringan broadband. Jenis koneksi untuk DSL ini dihasilkan ISP melalui sambungan telepon rumah. Kecepatan yang dihasilkan pun berada di atas layanan dial-up yakni sekitar 200 Kbps sampai 8 Mbps.

Nah, itulah beberapa hal tentang Internet Service Provider yang dapat Anda ketahui dengan bijak. Di Indonesia, ada berbagai macam ISP yang tersedia dengan berbagai layanan baik untuk penggunaan rumahan, bisnis UMK maupun Korporasi. Salah satu ISP yang diketahui menawarkan layanan Dedicated internet untuk Korporasi adalah Cyberplus, yang saat ini sudah hadir di daerah JABODETABEK, Bandung, dan Cirebon. Perusahaan ISP menyediakan jasa layanan internet yang begitu mumpuni dan sangat stabil dengan jaminan layanan (SLA) sampai dengan 99%.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *