Connect with us

Teknologi

Simak Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat IoT Bagi Bisnis

Published

on

Ilustrasi mesin produksi di pabrik yang sudah bekerja secara mandiri dengan memanfaatkan otomatisasi dari teknologi IoT

Bagi sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari sering kali berhubungan langsung dengan teknologi IoT (Internet of Things). Meskipun terus dikembangkan untuk memberikan akses kemudahan bagi kehidupan manusia di masa mendatang, Anda tentunya penasaran bukan mengenai teknologi canggih satu ini? Oleh karena itulah, dalam pembahasan kali ini akan diulas mengenai pengertian, cara kerja dan juga manfaat Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari.

Sekilas Informasi Tentang IoT (Internet of Things)

Secara umum, Internet of Things merupakan suatu konsep yang mana menjadikan sebuah objek memiliki kemampuan untuk dapat mentransmisikan data melalui jaringan tanpa bantuan perangkat komputer dan manusia. Hingga sejauh ini, perkembangan teknologi canggih yang juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi ini sudah banyak mengalami perkembangan. Baik itu dilihat dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet dan Quick Responses (QR) Code.

Lebih lanjut, semua objek yang menjadi bagian dari teknologi Internet of Things sendiri dikatakan sudah ditanamkan adanya sensor di dalamnya. Yang mana, hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat kecerdasan digital dan bisa mengkomunikasikan data dalam waktu yang sama tanpa melibatkan manusia. Sehingga dikatakan disini, bahwa peran manusia dalam teknologi canggih ini hanyalah untuk melakukan kontrol dan juga monitor saja.

Bagaimana Prinsip Kerja Internet of Things?

Jika membahas mengenai cara kerja dari teknologi Internet of Things yakni dengan memanfaatkan sebuah argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang memang sebelumnya sudah tersusun dengan rapi. Dalam setiap argumen yang sudah terbentuk nantinya akan menghasilkan sebuah interaksi yang dapat membantu hardware (perangkat keras) dalam melakukan fungsi atau kinerja sebagaimana mestinya.

Adapun mesin tersebut tidak perlu menggunakan bantuan manusia lantaran bisa dikendalikan secara otomatis. Sementara itu, faktor terpenting dari jalannya program tersebut terletak pada jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan juga hardware. Dalam hal ini, tugas manusia hanyalah sebagai pengawas / pengendali dalam membantu memonitoring setiap tindakan dan juga perilaku dari mesin tersebut.

Apa Saja Manfaat Penggunaan Internet of Things Bagi Bisnis

Apabila melihat dari segi perkembangan yang dilakukan, teknologi Internet of Things ini telah dikembangkan secara masif di berbagai bidang dengan sejumlah manfaat penting yang ditawarkan. Dimana, manfaat yang ditawarkannya ini tentu saja dengan tujuan untuk dapat mencapai perubahan hidup yang jauh lebih efisien ke depannya. Mengenai beberapa manfaat dari teknologi Internet of Things bagi bisnis antara lain sebagai berikut.

Membantu Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Manfaat utama dari penggunaan Internet of Things dalam bisnis yakni dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan lantaran tugas-tugas biasa bisa dilakukan secara otomatis nantinya. Dengan demikian, maka sumber daya manusia bisa dialihkan ke tugas-tugas yang lebih kompleks yang membutuhkan keterampilan pribadi. Khususnya mengenai pemikiran-pemikiran yang terbilang out of the box.

Menjadikan Kegiatan Operasional Lebih Efisien

Dengan menggunakan teknologi Internet of Things, maka hal ini juga bermanfaat untuk menjadikan kegiatan operasional bisnis akan jauh lebih efisien sebab banyaknya operasi bisnis yang menggunakan teknologi tersebut. baik itu dari mulai manajemen inventaris, pelacakan pengiriman, manajemen bahan bakar sampai dengan suku cadang. Nantinya, teknologi Internet of Things akan bekerja dengan melibatkan penggunaan tag RFID dan jaringan sensor yang sesuai untuk dapat melacak lokasi peralatan dan barang.

Penggunaan Sumber Daya dan Aset Jauh Lebih Tepat

Penggunaan lain dari Internet of Things yakni dapat digunakan untuk membantu perusahaan menggunakan sumber daya dan aset yang ada dengan setepat mungkin. Hal ini dikarenakan, penggunaannya bisa melakukan penjadwalan dan pemantauan secara otomatis melalui sensor yang saling berhubungan sehingga efisiensi penggunaan sumber daya akan jauh lebih tinggi. Sebagai contoh yakni pada peningkatan manajemen daya dan juga konsumsi air.

Dapat Menghemat Biaya Pengeluaran

Manfaat lain penggunaan Internet of Things dalam bisnis yakni akan menjadikan kegiatan operasi bisnis lebih cepat dan efisien sehingga akan dapat menghemat biaya produksi. Dengan adanya perangkat teknologi yang canggih seperti ini, maka akan menjadikan manajemen dalam masing-masing departemen dan di seluruh struktur perusahaan lebih mudah. Tentu saja, ini mengartikan bahwa teknologi Internet of Things tersebut cukup canggih untuk digunakan, bukan?

Membantu Keselamatan Kerja Bagi Karyawan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa penggunaan Internet of Things ternyata juga bisa digunakan dalam membantu melakukan pemeliharaan terjadwal secara otomatis. Karena itulah, tidak heran jika penggunaannya dapat memastikan adanya keselamatan operasional dan juga kepatuhan pekerja terhadap peraturan yang diperlukan selama proses produksi berlangsung. Bahkan penggunaan perangkat pintar dengan Internet of Things ini juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan manusia selama melakukan tahapan operasi bisnis.

Demikianlah tadi informasi lengkap yang bisa Anda ketahui seputar pengertian, cara kerja dan juga pemanfaatan IoT (Internet of Things) dalam bisnis.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *