Connect with us

Teknologi

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Smarthome Sebelum Menggunakannya di Rumah Hunian

Published

on

Ilustrasi suasana dan interior rumah dengan teknologi Smart Home
Sumber gambar: envato.com

Hadirnya teknologi smarthome di era globalisasi seperti sekarang ini cukup menarik perhatian kalangan masyarakat lantaran dapat menjadikan rumah hunian terlihat begitu canggih. Terlepas dari kegunaannya yang dapat mengatur rumah hunian menjadi lebih nyaman bagi pengguna, Anda perlu tahu sisi kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya. Dengan demikian, maka hal ini akan menjadikan Anda bisa mempertimbangkan apakah nantinya Anda akan mengimplementasikan teknologi smarthome tersebut atau justru sebaliknya untuk rumah hunian.

Apa yang Dimaksud dengan Teknologi Smarthome?

Smarthome atau dikenal juga dengan sebutan rumah pintar umumnya merupakan suatu teknologi dimana berbagai peralatan listrik dan elektronik di rumah akan dihubungkan ke sebuah sistem kontrol komputer pusat. Dengan demikian, maka hal ini akan menjadikan berbagai peralatan listrik dan elektronik tersebut bisa dinyalakan dan dimatikan pada waktu waktu tertentu sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Adapun sistem kontrol otomatis pada teknologi ini sendiri yakni menggunakan koneksi jaringan internet.

Dengan menggunakan smarthome, maka akan dapat memungkinkan bagi para pengguna untuk mengontrol fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu, pencahayaan dan lain-lain dari jarak jauh. Hadirnya sistem ini dibuat supaya pemilik rumah menjadi lebih gampang dan nyaman dalam mengatur rumah huniannya serta dapat menghemat biaya dalam banyak hal.

Kelebihan Penggunaan Smarthome

Banyaknya orang yang tertarik menggunakan smarthome ini tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya karena teknologi ini diklaim dapat membantu pekerjaan rumah sehari-hari dengan hanya mengendalikannya dari perangkat smartphone saja. Di samping itu, penggunaan smarthome ini juga hadir dengan menawarkan banyak kelebihan seperti berikut.

1. Dapat Menghemat Energi dan Biaya

Salah satu kelebihan dari smarthome ini yakni dapat membantu dalam mengontrol pemakaian elektronik secara lebih mudah dari mana saja dan kapan saja. Dengan demikian, maka tidak heran jika penggunaan teknologi cerdas ini bisa membantu menghemat energi dan biaya pengeluaran sehingga menjadikan tagihan listrik pun tidak membengkak tajam.

2. Menunjang Kenyamanan Bagi Penghuni Rumah

Dengan menggunakan sistem perangkat cerdas seperti halnya smarthome, maka akan dapat membantu dalam melakukan sistem pengaturan mengenai hal-hal yang sederhana. Seperti pemakaian smart lighting yang bisa dihidupkan ataupun dimatikan dengan menggunakan perintah suara, pengaturan lokasi sampai dengan deteksi sensor. Sehingga, hal inilah yang nantinya bisa menunjang kenyamanan dalam penggunaannya.

3. Memberikan Keamanan dan Keselamatan

Hadirnya sistem smarthome ini juga dinilai dapat memberikan keamanan dan keselamatan bagi para penghuni rumah. Sebab, sistem ini hadir dengan memungkinkan bagi para pengguna untuk melakukan beberapa hal seperti mengawasi lingkungan sekitar, mengunci pintu otomatis dan lain sebagainya.

Baca Juga  Apa Itu Jaringan Internet dan Bagaimana Masa Depan Internet di Indonesia

Sistem ini juga dilengkapi dengan notifikasi alarm jika sensor perangkat smarthome mendeteksi hal-hal yang tidak wajar. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu lagi merasa cemas jika ingin meninggalkan rumah nantinya.

4. Dapat Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Rumah Tangga

Penggunaan smarthome juga dikatakan sangat membantu para ibu rumah tangga dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah sehari-hari. Baik itu dari mulai menyapu, mengepel dan lain-lain yang mana dapat dioperasikan secara otomatis melalui aplikasi saja.

Selain itu, Anda juga bisa menghidupkan dan mematikan berbagai perangkat lain seperti halnya AC dan lampu dari jarak jauh tanpa perlu mendekat ke arah perangkat tersebut.

Kekurangan Penggunaan Smarthome

Selain menawarkan sisi kelebihan penggunaannya, smarthome juga ternyata memiliki kekurangan yang mana bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum menggunakannya. Adapun beberapa kekurangan dari penggunaan smarthome antara lain sebagai berikut.

1. Adanya Risiko Terserang Bug & Hacker

Meskipun penggunaan smarthome banyak menawarkan kelebihan bagi para pengguna, akan tetapi Anda juga harus tahu mengenai kekurangan yang ditawarkan sistem kecerdasan perangkat tersebut. Salah satunya yakni mengenai risiko terserang bug & hacker yang mana bisa saja masuk dengan mudah ke perangkat smarthome lantaran adanya dukungan koneksi internet.

Maka dari itu, sebelum menggunakannya perlu membuat sandi yang kuat dari kombinasi angka, huruf dan juga berbagai simbol tertentu untuk menyiasati hacker.

2. Sangat Bergantung Pada Koneksi Internet

Perlu Anda ketahui, bahwa smarthome ini umumnya sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet. Sehingga ketika internet di rumah sedang down atau mengalami kendala, maka sebagian fitur unggulan dari smarthome tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah remote control dan remote monitoring yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan memantau seluruh perangkat dari jarak jauh.

Baca Juga  Ruangan Smart Home Dan Serba AI, Kini Samsung Experience Lounge Telah Hadir Di Pondok Indah

Tapi hal ini tidak akan berdampak signifikan pada keamanan di rumah Anda, karena seluruh perangkat smarthome tetap berfungsi secara normal. Anda hanya akan kehilangan akses untuk memantau dan mengelola perangkat dari jarak jauh secara online sampai jaringan internet di rumah Anda pulih kembali.

3. Biaya Pemasangan Mahal

Kekurangan lain dari pemakaian smarthome ini yakni memiliki biaya pemasangan yang terbilang cukup mahal. Sehingga sebelum Anda benar-benar memutuskan menggunakan perangkat tersebut di tengah banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka perlu mempertimbangkan biaya pemasangannya terlebih dahulu.

Selain biaya pemasangan yang tinggi, biaya perawatan dan durability atau usia perangkat juga harus Anda pertimbangkan. Sehingga hal ini tidak akan memberikan beban bagi Anda ketika menerapkan teknologi smarthome tersebut.

Itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui seputar kelebihan dan juga kekurangan dari teknologi smarthome. Dengan demikian, Anda nantinya bisa mengambil keputusan apakah akan menggunakan sistem rumah pintar tersebut atau justru sebaliknya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion