Connect with us

Teknologi

Apa Itu Jaringan Internet dan Bagaimana Masa Depan Internet di Indonesia

Published

on

Masa depan bisnis internet di Indonesia

Meskipun saat ini hampir sebagian masyarakat Indonesia sudah menggunakan provider internet terbaik untuk menunjang aktivitas sehari-hari, namun tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui pengertian apa jaringan internet . Padahal  mengetahui pengertian apa itu jaringan internet sangatlah penting.

Mengingat hanya dengan memahami pengertian dari apa itu jaringan internet, secara tidak langsung bisa mempermudah Anda untuk mengetahui berbagai dampak dan manfaat dari layanan provider internet terbaik yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.  Lantas  apa itu jaringan internet?.

Mengenal Lebih Dekat dengan Apa Itu Jaringan Internet

Bagi seseorang yang saat ini mengenyam pendidikan S1 di perguruan tinggi negeri / swasta jurusan ilmu teknologi informatika tentunya sudah tidak asing lagi dengan apa itu jaringan internet. Pasalnya  jaringan internet termasuk salah satu materi yang wajib dipelajari di jurusan ilmu teknologi informatika. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah menggunakan provider internet terbaik untuk mempermudah mengerjakan tugas kuliahnya.

Jaringan internet sendiri merupakan penghubung antar berbagai jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Di mana di dalamnya terdiri dari jutaan unit-unit kecil. Unit-unit kecil itu meliputi jaringan bisnis, jaringan pendidikan hingga jaringan pemerintahan. 

Nantinya kumpulan dari jutaan jaringan-jaringan komputer itu akan saling bekerja satu sama lainnya sehingga bisa menghasilkan sebuah layanan informasi untuk seluruh orang di muka bumi ini. Adapun layanan informasi yang dimaksud itu seperti  email, transfer chat hingga website.

Dengan adanya layanan informasi tersebut membuat orang-orang di muka bumi ini bisa saling bertukar informasi di mana dan kapan saja secara mudah. Perlu diketahui bahwa untuk mengintegrasikan jaringan internet itu dibutuhkan namanya transmission control protecol. Transmission control protecol sendiri merupakan Switching  Communication Protocol yang nantinya dapat digunakan oleh lebih dari miliaran pengguna di berbagai penjuru dunia.

3 Fungsi Internet dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah Anda berhasil memahami apa itu jaringan internet, maka alangkah baiknya Anda juga mengetahui berbagai fungsi dari internet itu sendiri bagi kehidupan sehari-hari untuk orang-orang di seluruh dunia. Adapun 3 fungsi dari keberadaan jaringan internet bagi orang-orang di seluruh dunia seperti berikut ini.

Baca Juga  Indonesia Berhasil Diluncurkan Satelit Internet Pertama Yang Bernama Satria-1

Media untuk Bertukar Informasi

Bisa dibilang jika di zaman yang hampir semuanya menggunakan provider internet terbaik ini sering disebut dengan era keterbukaan. Bagaimana tidak berkat kehadiran provider  internet terbaik  di tengah-tengah masyarakat menyebabkan saat ini orang-orang lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi.

Bahkan orang-orang itu tidak hanya bisa mengakses informasi yang ada di dalam negeri saja melainkan juga di berbagai belahan dunia. Biasanya media yang digunakan untuk menyampaikan informasi itu berupa situs website atau WhatsApp.

Media untuk Berbagi Akses Berita

Di era digital seperti saat ini untuk mengetahui peristiwa  apa yang sedang terjadi di luar negeri sangatlah mudah dilakukan. Hal itu bisa terjadi dikarenakan provider internet terbaik yang ada di tengah-tengah masyarakat saat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi akses berita secara online.  

Umumnya berita-berita yang sedang trending itu akan disampaikan dalam bentuk website. Kemudian website itu nantinya bisa dibaca oleh seluruh masyarakat di  berbagai dunia termasuk Indonesia. 

Selain melalui website tidak sedikit juga  yang menyajikan berita itu dalam bentuk video. Untuk berita yang berbentuk video biasanya  akan diupload pada channel YouTube sehingga semua orang dapat melihatnya.

Media Belajar

Selain berfungsi sebagai media berbagi akses berita, provider internet terbaik itu juga dapat dimanfaatkan untuk sarana belajar khususnya bagi anak-anak. 

Hal itu bisa terjadi dikarenakan provider internet terbaik memiliki peranan sebagai perpustakaan global. Di mana di dalamnya berisi tentang berbagai macam informasi mengenai bidang-bidang keilmuan mulai dari sains hingga kesenian.

Oleh karena itu  wajar jika saat ini banyak pelajar yang memanfaatkan provider internet terbaik untuk mempermudah mencari informasi dalam menyelesaikan tugas sekolah di rumah.  

Baca Juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Smarthome Sebelum Menggunakannya di Rumah Hunian

Bagaimana Masa Depan Internet di Indonesia

Jika berbicara mengenai bagaimana masa depan internet di Indonesia, banyak orang yang memprediksi bila kebutuhan internet di masa mendatang memiliki kesamaan dengan penggunaan listrik yakni akan terus dipakai. Hal itu bisa terjadi dikarenakan di masa mendatang jaringan internet itu akan lebih mudah untuk diakses siapa pun di mana dan kapan saja. 

Bahkan menariknya untuk mengakses internet tidak dibutuhkan perangkat berjumlah banyak. Bukan hanya itu saja, digadang-gadang di masa mendatang hampir sebagian besar alat telekomunikasi di Indonesia akan mulai memanfaatkan internet sebagai salah satu sarananya. Jadi tidak heran jika kegiatan telekomunikasi di masa mendatang akan terasa lebih mudah dibandingkan saat ini.

Dikarenakan keberadaan jaringan internet di masa mendatang sangat krusial, bagi Anda yang saat ini belum menggunakan provider  internet terbaik disarankan untuk segera mendaftarkannya. Di mana salah satu rekomendasi provider internet terbaik itu yakni PT Lintas Jaringan Nusantara  Karawang.

PT Lintas Jaringan Nusantara  Karawang atau lebih dikenal dengan sebutan LJN merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang internet service provider. Salah satu perusahaan provider internet terbaik yang berbasis di Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 2013 dan saat ini telah menyediakan berbagai layanan telah menyediakan berbagai layanan untuk kebutuhan IT di Indonesia. Adapun beragam layanan yang ditawarkan itu seperti konfigurasi jaringan lokal, pemeliharaan infrastruktur jaringan, pengadaan perangkat hingga konfigurasi sistem. 

Selain menawarkan layanan untuk berbagai kebutuhan IT, PT Lintas Jaringan Nusantara  Karawang  juga berkomitmen akan memberikan layanan terbaik di bidang teknologi digital dan informasi di seluruh penjuru tanah air tanpa kecuali. Hal itu sengaja dilakukan sebagai bukti kontribusi PT Lintas Jaringan Nusantara  Karawang untuk membantu perkembangan teknologi yang ada di tanah air.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Wajib Tahu, Tips Memulai Bisnis Provider Internet RT RW NET