Connect with us

Bisnis

Wajib Tahu, Tips Memulai Bisnis Provider Internet RT RW NET

Published

on

Ilustrasi BTS ISP dan RT RW Net

Apakah Anda ada rencana untuk memulai bisnis provider internet WiFi dalam waktu dekat ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan? Apabila iya, maka pastikan untuk tahu terlebih dahulu mengenai beberapa tips dalam memulai bisnis tersebut agar menjadikan bisnis tersebut bisa berkembang dan sukses di pasaran nantinya. Supaya Anda tidak semakin penasaran mengenai cara memulai bisnis provider layanan internet WiFi, maka bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Peluang Bisnis Provider Layanan Internet

Dari sekian banyaknya bisnis usaha yang bermunculan di pasaran seperti sekarang ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai bisnis provider layanan internet WiFi. Ini dikarenakan, bisnis ini terbilang sangat menjanjikan di tengah banyaknya orang yang kini menggunakan internet untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari. Dalam hal ini, bisnis tersebut sering dikenal dengan istilah ISP (Internet Service Provider) atau Penyelenggara Jasa Internet.

Seperti namanya, ISP sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan layanan internet kepada para kliennya berupa koneksi internet, internet transit dan lain-lainnya. Adapun mengenai jaringan yang ditawarkan oleh perusahaan ISP sendiri biasanya mencakup koneksi domestik dan internasional. Oleh karena itulah, dalam hal ini pengguna ISP dapat dengan mudah untuk terhubung ke jaringan global.

Provider Layanan Internet RT RW Net

Sementara untuk bisnis provider layanan internet berskala kecil, saat ini banyak dikenal istilah bisnis RT RW Net. Apa itu bisnis RT RW Net? Pada dasarnya RT RW Net sama seperti ISP yang menawarkan jasa layanan akses internet / WIFI. Hanya saja RT RW Net adalah versi UMKM dari ISP dengan pasar yang terbatas.

RT RW Net juga umumnya tidak berbadan hukum, melainkan berupa pelaku bisnis perorangan. Mereka juga tidak memegang izin penyelenggaraan jaringan internet secara langsung, namun menginduk kepada perusahaan ISP yang sudah memegang izin resmi dalam bentuk kerjasama kemitraan.

Nah, peluang usaha dari bisnis RT RW Net ini sendiri terbilang cukup menjanjikan. Sebab, di sini Anda hanya perlu bermodalkan layanan internet untuk memulai bisnis usaha tersebut. Bahkan, Anda sendiri tidak perlu bersusah payah bekerja di luar rumah lantaran nantinya bisa berpenghasilan sendiri cukup dengan bekerja dari rumah saja.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis RT RW Net?

Sebelum benar-benar memutuskan untuk memulai bisnis provider layanan internet RT RW Net, alangkah lebih baiknya bagi Anda mengetahui seputar tips dalam memulai bisnis tersebut. Beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan baik-baik dalam memulai bisnis ini adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Tentang Internet Service Provider

1. Lakukan Perhitungan Modal Bisnis Secara Teliti

Salah satu tips pertama yang perlu Anda perhatikan baik-baik dalam memulai bisnis RT RW Net adalah dengan melakukan perhitungan modal bisnis secara teliti. Bisnis apapun yang Anda jalani, pasti memerlukan yang namanya perhitungan secara terperinci agar supaya Anda tahu mengenai apa saja yang diperlukan pada awal memulai usaha.

Begitu juga dengan bisnis penyedia layanan internet ini, sekalipun setingkat RT RW. Terlebih lagi mengenai harga dari setiap item terbilang cukup beraneka ragam dari satu penjual ke penjual lainnya sehingga perlu melakukan riset terlebih dahulu.

2. Pilih Jaringan Internet yang Tepat

Perlu Anda ketahui, bahwa jaringan WiFi umumnya tidak selalu fokus pada merk dari Internet Service Provider yang ditawarkan. Sebab jika Anda menemukan tetangga yang menggunakan layanan internet atau WiFi yang tidak jauh dari rumah hunian, maka Anda nantinya bisa langsung ikut bergabung.

Jika dibandingkan dengan merk, stabilitas dan kecepatan layanan menjadi faktor paling penting dalam menentukan keberhasilan dari bisnis ini. Tarif layanan juga akan berdampak pada kecepatan pengembangan bisnis. Oleh sebab itu banyak pelaku bisnis ini yang memulai usahanya dengan layanan internet segmen rumahan atau broadband (non-dedicated) yang menawarkan kecepatan cukup tinggi dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Pilih Jenis Router Sesuai Budget

Apa itu router? Router adalah perangkat yang digunakan untuk mengelola dan mendistribusikan bandwidth atau internet ke pelanggan sesuai dengan paket atau harga yang sudah disepakati. Pada umumnya, tersedia beraneka macam jenis router yang tersedia di pasaran.

Dari sekian banyak jenis router tersebut, yang paling banyak digunakan dan memiliki setting atau konfigurasi yang paling mudah dipelajari adalah router MikroTik. Anda sendiri bahkan bisa mempelajari cara menginstal mikrotik lewat YouTube maupun blog secara gratis. Pilih harga mikrotik yang memang sesuai dengan budget dan skala bisnis yang baru akan Anda mulai.

Baca Juga  Provider Internet Terbaik: PT. Lintas Jaringan Nusantara Jamin Keamanan dan Kestabilan Jaringan

Yang paling umum digunakan oleh RT RW Net adalah MikroTik hEX RB750Gr3. Karena selain harganya yang sangat terjangkau, kapasitas pelanggan yang dapat dilayani router ini juga terbilang cukup banyak. Dapat melayani sampai 200 pelanggan loh!

4. Jangan Lupa Lakukan Promosi Bisnis Provider Layanan Internet Anda

Jika nantinya jaringan internet sudah terinstal dengan baik, maka Anda bisa langsung memulai promosi bisnis layanan internet milik Anda sendiri seperti dengan melakukan pemasangan banner hingga mengadakan perlombaan game online. Tentu saja hal ini dilakukan demi memperkenalkan para pengguna internet di sekitar lokasi agar menggunakan layanan internet milik Anda.

5. Cek Batas Bandwidth dari Layanan Provider dan Perhatikan Penggunaan FUP

Apabila nantinya bisnis Anda sudah memiliki banyak pelanggan, maka pastikan untuk selalu mengecek batas bandwidth dari ISP yang Anda gunakan. Jika nantinya bandwidth sudah penuh oleh pengguna, maka bisa jadi hal ini akan mengakibatkan kecepatan internet Anda melambat dan memungkinkan Anda memperoleh komplain dari pelanggan. Untuk itulah, pastikan untuk meningkatkan atau melakukan upgrade pada layanan yang Anda gunakan.

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu memperhatikan FUP (Fair Usage Policy) sebagai batas ukuran penggunaan dari layanan Internet Anda. Bahkan meskipun Anda tahu jika layanan internet dapat digunakan secara tidak terbatas, akan tetapi pada faktanya pada beberapa layanan terdapat batasan penggunaan data. Sehingga misalkan layanan internet yang Anda gunakan memiliki FUP 200GB, maka setelah batas penggunaan 200GB tersebut kecepatan jaringan internet akan mulai terasa lambat. Jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan penggunaan FUP ini.

6. Buat Rencana Jangka Panjang Untuk Pengembangan Bisnis Anda

Anda tidak dapat selamanya menjalankan bisnis Anda dengan mengandalkan layanan broadband internet. Layanan tersebut memang bukan produk yang didisain untuk dijual kembali. Saat merintis bisnis Anda menekan biaya semaksimal mungkin, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan internet broadband.

Begitu bisnis Anda sudah berkembang, maka Anda harus menjalankan bisnis tersebut secara profesional, termasuk menggunakan layanan internet yang memang didisain untuk kepentingan komersil seperti menjual kembali kepada pengguna lain.

Baca Juga  PT. Lintas Jaringan Nusantara Karawang Melakukan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim di Masjid Al-Falah

Seperti yang sudah dibahas di paragraf awal artikel ini. Untuk badan hukum dan perizinan penyelenggaraan layanan internet. RT RW Net cenderung menginduk kepada perusahaan ISP besar yang membuka program kemitraan. Anda juga dapat mengikuti langkah tersebut, dan salah satu persyaratannya sudah pasti menggunakan produk internet dedicated dari perusahaan tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa tips mudah dalam memulai bisnis provider internet RT RW Net yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *