Connect with us

Sports

7 Medali Emas Diraih Oleh Pelajar Indonesia Di Ajang Sea Youth Athletics 2023

Published

on

Pelajar Indonesia Di Ajang Sea Youth Athletics 2023 [antara]

Jakarta, Bindo.id – Pelajar Indonesia kembali membawa kabar yang membanggakan untuk Indonesia.

Pelajar atletik Tanah Air beberapa hari lalu telah berhasil meraih 7 medali emas di ajang 15th Sea Youth Athletics Championships 2023, Pathum Thani, Thailand (9/12/2023).

Dilansir dari laman Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dalam perhelatan ini total medali yang dikumpulkan yakni 7 medali emas, 4 medali perak serta 6 medali perunggu.

Sehingga di akhir kompetisi ini Indonesia berhasil mendapatkan peringkat 3 besar di Asia Tenggara. Juara pertama diraih oleh Vietnam dan juara kedua didapatkan oleh Thailand.

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Bayu Rahadian memberikan apresiasinya kepada para pelajar atletik yang telah berusaha secara maksimal di ajang olahraga internasional ini.

Bayu menyebutkan target yang diharapkan yakni memperoleh 4 emas.

“performa luar biasa dari para atlet sampai pada akhir kompetisi ternyata dibuktikan dengan raihan total 7 (tujuh) medali emas, 4 (empat) medali perak dan 6 (enam) medali perunggu. Ini menurut saya capaian yang luar biasa,” ujarya, Senin (11/12/2023).

Hari Ke-1 Pertandingan Raih Medali Emas

Di hari pertama pertandingan, para pelajar sudah berhasil meraih 2 medali emas, 2 medali perak, serta 1 medali perunggu.

Peraih medali emas itu bernama Maria Adriani Melabesy dan Achmad Zaenuri. Maria memperoleh medali emas di kategori lomba lompat tinggi galah, sedangkan Achmad di kategori lempar lembing.

Dua medali perak berhasil diraih oleh atlet 110m gawang bernama Brian Bagas Swara serta atlet lompat jauh bernama Katyea Febri Safitri. Sedangkan medali perunggu berhasil diraih oleh Risky Fahmi Ardiansyah.

Pada hari terakhir pertandingan, medali emas berhasil didapatkan oleh pelari 1500m bernama Mutiara Oktarani Nurul Al-Pasha dan Yad Hafizudin di nomor yang sama putra.

Baca Juga  Bentuk Mental Sejak Dini, Satgas Yonarmed 1 Kostrad Ajarkan Seni Bela Diri

Medali perunggu diraih oleh Febriani Rahmawati di nomor lontar martil putri, Abdilah Panca pada nomor lompat jangkit, serta regu putra di nomor estafet 4x100m.

Atlet Lakukan Persiapan Dengan Matang

Manager tim pelajar Atletik Indonesia, Rumini menuturkan beruntungnya atlet yang ikut di ajang ini bisa mengoptimalkan kemampuannya usai dirinya memberikan arahan serta petunjuk.

Dirinya menyebutkan persiapan para atlet sudah dilaksanakan mulai di ajang kejuaraan PB PASI, POPNAS, maupun Kejurnas PPLP se-Indonesia. Sehingga, para atlet yang terpilih ini merupakan atlet yang terbaik.

Total atlet yang dikirim Kemenpora di ajang 15th Sea Youth Athletics Championships 2023 jumlahnya yakni 35 atlet. Mereka terdiri dari 20 putra serta 15 putri untuk ikut di 31 nomor dari 37 nomor.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion