Connect with us

Sports

Tekuk Thailand, Timnas Indonesia U-22 Juara Seagames 2023

Published

on

Kamboja, Bindo.id Indonesia Berhasil menjuarai SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor meyakinkan 5-2 melalui babak perpanjangan waktu. Pertandingan ini mempertemukan dua tim tangguh yang memberikan performa terbaik mereka untuk merebut gelar juara.

Indonesia memulai pertandingan dengan inisiatif menyerang sedari awal. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh tim Indonesia. Sementara itu, Thailand lebih mengandalkan serangan balik dengan umpan-umpan langsung.

Barulah pada menit ke-20, Indonesia berhasil membuka keunggulan 1-0 melalui tandukan Ramadhan Sananta setelah meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga. Gol ini tercipta setelah Alfeandra Dewangga melakukan lemparan jarak jauh ke kotak penalti dan Sananta berhasil menyundul bola tersebut. Beruntung bagi Indonesia, bola yang disundul Sananta mengenai paha bek Thailand, Songchai Thongcham, dan masuk ke gawang sendiri.

Meskipun unggul 1-0, Indonesia tetap gencar menyerang. Pada menit ke-45+4, Indonesia berhasil menambah gol melalui sontekan Ramadhan Sananta setelah meneruskan umpan jarak jauh Rizky Ridho. Gol ini mengelabui kiper Thailand, meskipun pemain Thailand sempat melakukan protes terkait kefairan tendangan tersebut. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada babak kedua, pertandingan semakin sengit. Kedua tim saling berbalas serangan dan menciptakan peluang.

Pada menit ke-66, Thailand berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui tandukan Anan Yodsangwal setelah meneruskan umpan sepak pojok. Satu menit kemudian, Indonesia kembali mengancam gawang Thailand melalui tembakan rendah Fajar Fathur Rachman, namun sayangnya tembakannya melebar tipis di sisi kanan tiang gawang Thailand.

Pada menit ke-90+8, Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada masa injury time, pertandingan antara Indonesia dan Thailand menyuguhkan drama yang tak terduga. Setelah Indonesia berhasil mencetak gol ketiga melalui Irfan Jauhari, keributan terjadi di bangku cadangan kedua tim. Wasit memberikan banyak kartu merah kepada pemain dari kedua tim karena insiden tersebut. Dua pemain, satu dari Thailand dan satu dari Indonesia, diusir keluar lapangan oleh wasit. Beberapa ofisial tim juga mendapatkan kartu merah.

Baca Juga  Cara Dapatkan 'War' Tiket Indonesia Vs Argentina Khusus Nasabah BRI Dibuka Hari Ini

Tak berapa lama kemudian, Thailand harus bermain dengan hanya 9 orang pemain. Khamdee mendapatkan kartu kuning keduanya setelah melanggar Rio Fahmi. Skor 3-2 tetap bertahan hingga jeda pertandingan.

Setelah istirahat, Indonesia semakin unggul dengan mencetak gol keempat. Fajar berhasil menambah gol bagi timnya, dan gol terakhir dicetak oleh Beckham Putra untuk memastikan kemenangan 5-2 bagi Indonesia atas Thailand hingga pertandingan berakhir.

Pertandingan ini telah memperlihatkan semangat dan kegigihan dari kedua tim. Performa yang luar biasa ditunjukkan oleh para pemain, dan hasilnya adalah kemenangan yang begitu membanggakan bagi Indonesia.

Pertandingan ini juga menjadi sorotan karena insiden keributan yang terjadi di masa injury time. Meskipun demikian, para pemain dan ofisial tim harus belajar dari pengalaman ini dan menjaga sportivitas dalam pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengukuhkan posisinya sebagai juara cabang sepak bola putra SEA Games 2023. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi tim serta dukungan yang luar biasa dari para suporter.

Kita berharap semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya. Selamat kepada tim sepak bola Indonesia atas kemenangan yang gemilang ini!

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-22: 20-Ernando Ari; 2-Bagas Kaffa, 5-Rizky Ridho, 4-Komang Teguh, 13-Haykal Alhafiz; 14-Fajar Fathur Rachman, 19-Alfeandra Dewangga (Muhammad Ferrai 70′), 15-Muhammad Taufany (Ananda Raehan 47′), 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman (Rio Fahmi 90+4′); 9-Ramadhan Sananta (Irfan Jauhari 55′).

Thailand: 1-Soponwit Rakyart; 6-Airfan Doloh (Apisit Saenseekammuan 73′), 2-Bukkoree Lemdee (Phongsakon Tsirat 30′), 3-Chatmongkol Rueangthanarot, 4-Jonathan Khemdee; 5-Songchai Thongcham, 7-Channarong Promsrikaew, 8-Teerasak Poephimai, 10-Achitpol Keereerom (Anan Yodsangwal 30′); 17-Settasit Suvannaseat (Yotsakon Burapha 88′) 19-Chayapipat Supunsasuch (Purachet Thodsanit 47′)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion