Connect with us

Sports

FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Published

on

Trofi Piala dunia [kompas]
Trofi Piala dunia [kompas]

Jakarta, Bindo.id – FIFA telah resmi batalkan Indonesia menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023. Informasi tersebut diberikan FIFA melalui situs resmi FIFA.com, Rabu (29/3) malam. Keputusan FiFA ini usai pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” FIFA dalam keterangan tertulisnya.

Tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang baru akan diumumkan segera. Mengenai tanggal turnamen, tak berubah dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Terkait dengan potensi sanksi yang akan diberikan pada PSSI juga akan diputuskan di tahap berikutnya.

FIFA menekankan pihaknya akan tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pasca terjadinya tragedi di bulan Oktober 2022 lalu. Beberapa bulan mendatang, Anggota tim FIFA akan tetap hadir di Indonesia. Pihaknya akan memberi bantuan yang dibutuhkan PSSI yang saat ini dipimpin oleh Erick Thohir.

“Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” ujar FIFA.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar untuk berdiplomasi, Rabu (29/3). Tujuan pertemuan tersebut yakni membahas permasalahan yang ada di Indonesia untuk jadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan diadakan di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Akan tetapi menjelang penyelenggaraan acara tersebut, terjadi polemik di Indonesia. Polemik ini timbul sebab ikutnya timnas Israel U-20 di ajang tersebut.

Sejumlah pihak melakukan penolakan timnas Israel bertanding di Indonesia. Alasannya Israel tak mempunyai hubungan diplomasi dengan Indonesia. Sebagian yang lain tidak mempermasalahkan Israel bertanding di Indonesia. Sebab ini adalah kegiatan olahraga di bawah naungan FIFA.

Baca Juga  Ditjen Hubdat Optimalkan Pelayanan Uji Tipe Kendaraan Bermotor

Presiden Joko Widodo menanggapi polemik yang saat ini terjadi. Dirinya menegaskan secara prinsip Indonesia tak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Akan tetapi dalam Piala Dunia U-20 yang dinaungi oleh FIFA, Indonesia wajib mematuhi aturan organisasi sepak bola dunia.

Jokowi meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Pertemuab tersrbut dalam rangka mencari solusi tentang masalah tersebut. Sejumlah pihak menolak kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia. Penolakan tersebut datang dari organisasi keagamaan maupun umum, bahkan dari pemerintah.

Gubernur Bali I Wayan Koster merupakan salah satu yang menolak kehadiran Israel ke Bali menjelang drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Jumat (31/3). Indonesia dianggap gagal memberi jaminan keamanan pada negara peserta sebab penolakan Wayan Koster.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali telah dibatalkan oleh FIFA pada akhir pekan lalu . Buntut dari penolakan ini, timbul spekulasi tentang nasib Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Selain itu sanksi lain dari FIFA telah menanti.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion