Connect with us

Info Regional

Polres Magetan Siagakan Tim Drogba Tolong Pemudik Yang Sulit Menanjak

Published

on

Polres Magetan Siagakan Tim Drogba Tolong Pemudik Yang Sulit Menanjak [pilar]
Polres Magetan Siagakan Tim Drogba Tolong Pemudik Yang Sulit Menanjak [pilar]

Magetan, Bindo.id – Terdengar teriakan matikan AC timbul tenggelam di tengah suara mesin mobil yang digas dalam-dalam.

Suara decit ban beradu dengan aspal basah ikut menimpali suara Aiptu Adi Kris yang menjadi salah satu anggota tim dorong ganjal ban Drogban Polres Magetan, Jawa Timur.

Aiptu Adi Kris beserta tim bertugas di tanjakan ekstrem pertigaan Omah Jowo Jalur Sarangan–Cemorosewu.

“Matikan AC-nya, Pak. Masukkan gigi satu,” ujarnya di tengah rintik hujan yang turun, Jumat (12/4/2024).

Beberapa personil drogban lainnya juga tampak sigap menggunakan peralatan kayu yang diberi pegangan panjang untuk dipakai pengganjal ban kendaraan yang mengalami kesulitan menaiki tanjakan pada jalur pertigaan omah jowo.

Sambil mendorong kendaraan yang terdengar menggerung sebab sopir menekan gas dalam-dalam, beberapa personil Polres Magetan secara bergantian mengganjal ban kendaraan untuk menapaki tanjakan.

“Tugas kami menolong pengendara yang kesulitan melewati tanjakan yang cukup ekstrem di jalur Sarangan–Cemorosewu,” ujar Adi Kris.

Para pengendara yang melewati jalur Sarangan-Cemorosewu, Kata Adi Kris, mayoritas sebagai wisatawan yang kurang pamah tentang medan jalan yang berliku dengan belokan tajam. Tanjakan maupun turunan diarea tersebut juga cukup ekstrem.

Sehingga mereka terkadang lupa untuk mematikan AC maupun memasukkan gigi 1 kendaraan. Hal itu dilakukan sebab tak mengetahui medan di depannya menanjak curam dan memiliki belokan tajam salah satunya di pertigaan Omah Jowo.

“Ada kendaraan yang terdorong karena tanjakan karena pengemudi kurang pengalaman jalur sarangan karena gigi dimasukkan 1 AC masih dinyalakan,” ujarnya.

Meskipun akhir-akhir ini kawasan Sarangan maupun sekitarnya sering diselimuti kabut serta hujan, pasukan dorong ganjel ban Polres Magetan akan tetap melaksanakan tugasnya untuk membantu pengendara yang kesulitan lewat tanjakan ekstrem Omah Jowo.

Baca Juga  Beroperasi Normal, KAI Commuter Siap Hadapi Libur Lebaran dengan Berbagai Fasilitas

Hadirnya tim drogba di tengah padatnya lalu lintas jalur Sarangan–Cemoro Sewu pada saat musim libur lebaran untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas pada jalur ekstrem.

“Selain kendaraan roda 4 kita juga mengantisipasi pengendara roda 2. Tujuannya agar perjalanan mereka tetap aman dan meminimalisir adanya laka di jalur Sarangan–Cemoro Sewu,” ujar Apdi. 

Kasat Sabhara Polres Magetan, AKP Haris Prabowo menuturkan kegiatan pengamanan di jalur tanjakan ekstrem sebagai komitmen kepolisian dalam memberi pelayanan terbaik, terlebih pada momen padat seperti liburan. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan memadai serta personel yang terlatih.

“Mereka sigap mengganjal ban kendaraan yang slip, memberikan dorongan ekstra saat menanjak, serta memberikan imbauan dan saran agar mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” ujarnya.

Didik yang merupakan salah satu pengendara kendaraan roda 4 mengaku sangat terbantu hadirnya tim drogba. Walaupun kendaraan yang dibawanya Expander keluaran 2023, akan tetapi pemudik yang berasal dari Bekasi itu mengaku tak menguasai medan.

Sebab dirinya baru pertama kali berkunjung di detinasi wisata Telaga Sarangan. Dirinya mengaku tak menyangka jika di pertigaan yang cukup padat arus lalu lintasnya, jalanya juga menanjak tinggi dan memiliki tikungan cukup tajam.

“Tidak menyangka ternyata di pertigaan itu belok tajam dengan tanjakan cukup tinggi, kemudian di pertigaan yang miring harus menunggu arus lalu lintas karena padat. Beruntung ada tim drogba membantu mengganjal ban. Baru pertama kali ke sini mudik ke tempat mertua,” ujarnya.

Tim drogba Polres Magetan telah bertugas dari H- 3 libur lebaran sampai H+ 3 Idul Fitri 1445 H. Puncak kunjungan destinasi wisata Telaga Sarangan diprediksi akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga  Ditjen Hubla Pastikan Kelancaran Pasokan Logistik Selama Libur Lebaran

Pengunjung Telaga Sarangan diprediksi akan mencapai 20.000 pengunjung.

“Untuk puncak pengunjung diperkirakan besok Sabtu yang kita perkirakan akan mencapai 20.000 pengunjung, pertimbangannya arus balik akan dilakukan pada hari Minggu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan, Joko Trihono.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *