Connect with us

Transportasi

Beroperasi Normal, KAI Commuter Siap Hadapi Libur Lebaran dengan Berbagai Fasilitas

Published

on

Foto istimewa/dok/bas

Jakarta (Bindo.id) – Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuterline Jabodetabek akan tetap beroperasi normal pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H. 

KAI Commuter akan mengoperasikan KRL sesuai dengan hari kerja mulai pukul 04.00 Wib hingga 24.00 WIB.

Selain itu, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menuturkan tidak ada perubahan jadwal operasional Commuter line Jabodetabek saat libur lebaran ini. 

“Commuter line tetap akan beroperasi seperti biasanya saat libur lebaran ini,” tutur Anne, pada acara konferensi pers dan buka puasa bersama awak media, Jumat (5/4/2024).

PT KAI Commuter memprediksi jumlah pengguna Kereta Rel Listrik/commuter line (KRL) Jabodetabek mencapai 16,4 juta pada periode angkutan Lebaran yang jatuh pada 5-16 April 2024.

Angka ini naik sebesar 4 persen dari tahun 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang.

“Dengan prediksi 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi,” tambahnya. 

Sedangkan untuk penumpang Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) juga diperkirakan mencapai 131.000 pada periode Lebaran Idul Fitri 2024. Angka ini naik sebesar 12 persen dibandingkan periode Lebaran 2023 yang mencapai 117.000 penumpang.

Sementara dari sisi keamanan dan keselamatan, KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA, BKO Marinir) ditambah 24 personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.

Selain itu, terdapat fasilitas tambahan pada masa angkutan lebaran Idulfitri 2024. Diantaranya fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang.

Baca Juga  Selama Libur Lebaran Diproyeksikan Wisatawan Tumbuh 25 Persen

“Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket di musholla di sejumlah stasiun dan penambahan toilet portable serta tematik Idulfitri 1445 H,” tutup Anne.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion