Connect with us

Info Regional

Pemkot Blitar Berikan Bimtek Penanggulangan Bencana Kebakaran

Published

on

Sumber : Pemko Blitar
Sumber : Pemko Blitar

Kota Blitar, Bindo.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memberikan bimbingan teknis (Bimtek) penanggulangan bencana kebakaran bagi sejumlah relawan pemadam kebakaran tingkat Kelurahan. Kegiatan itu berlangsung di aula Satpol PP Kota Blitar, Senin (16/10/2023).

Plt. Kepala Satpol PP Kota Blitar, Ronny Yoza Passalbesy mengatakan bimtek penanggulangan bencana kebakaran sebagai upaya mitigasi bencana.

Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran di lingkungan, maka relawan bisa melakukan penanggulangan dengan cepat dan tanggap.

Apalagi saat ini berada dimusim kemarau panjang, sehingga potensi kebakaran lahan ikut meningkat.

Hal itu dipicu, jika masyarakat membuang puntung rokok sembarangan hingga membakar sampah di dekat lahan kering.

“Upaya ini kami lakukan agar para relawan pemadam kebakaran dengan cepat, tanggap dan tidak panik bila menjumpai bencana kebakaran,” tegas Ronny.

Sementara itu, Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menambahkan dampak El Nino yang juga mengakibatkan cuaca extrem hingga potensi kebakaran lahan perlu diantisipasi seluruh pihak.

Diantaranya melalui bimtek penanggulangan bencana kebakaran. Sehingga pengetahuan masyarakat terkait penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran bisa dioptimalkan.

Mengingat, beberapa hari terakhir, pihaknya sering mendengar kebakaran kecil di area pekarangan warga.

“Ada sejumlah kebakaran kecil yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Blitar. Namun pihak Damkar dan Satpol PP bersinergi untuk menangani kebakaran itu,” kata Wali Kota Blitar.

Dalam kegiatan bimtek itu, Satpol PP Kota Blitar mengundang kurang lebih 50 relawan pemadam kebakaran kelurahan.

Hadis sebagai narasumber perwakilan BPBD Kota Blitar, Camat Sananwetan dan Asisten Bidang Administrasi, Pembangunan dan Umum – Setda Kota Blitar.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Wali Kota Blitar Lepas Petugas Paskibraka Tahun 2023