Connect with us

Info Regional

5 Tips Lolos CPNS 2023 yang Perlu Diketahui

Published

on

Ilustrasi tips lolos CPNS 2023

Bindo.id – Pemerintah Indonesia telah resmi mengumumkan jika pendaftaran CPNS 2023 dibuka pada hari Minggu 17 september 2023.

Tentunya hal itu menjadi kabar baik khususnya bagi seseorang yang  bercita-cita ingin bekerja di instansi pemerintahan.

Namun seperti yang sudah diketahui bersama bahwa untuk bisa lolos CPNS 2023 itu tidaklah mudah.

Di mana Anda  perlu mengikuti serangkaian proses seleksi mulai dari tes tertulis hingga interview. Selain itu peminat CPNS sendiri juga sangatlah banyak.

Oleh karena itu penting bagi Anda  untuk mengetahui beberapa tips lolos CPNS tahun 2023. Lantas apa saja tips lolos  CPNS 2023 itu?.

5 Tips Lolos CPNS 2023 yang Bisa Dipraktekkan Sendiri

Bisa lolos seleksi CPNS 2023 menjadi salah satu impian terbesar masyarakat  Indonesia. Bagaimana tidak karir CPNS itu sangatlah menjanjikan dengan gaji yang menarik dan berbagai tunjangan. Jika dalam hal ini Anda  tertarik ingin mencoba mendaftar CPNS 2023, wajib untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa tipsnya. Adapun 5 tips lolos  CPNS 2023 seperti berikut ini.

1. Pilihlah Jabatan yang Sesuai dengan Minat

Perlu diketahui bahwa salah satu kunci agar bisa lolos CPNS 2023 yakni pastikan Anda  telah memilih jabatan yang sesuai dengan  kompetensi dan minat.

Pasalnya dengan memilih jabatan  sesuai minat, Anda akan lebih mudah dalam memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja dengan memilih jabatan yang sesuai nantinya Anda  juga akan lebih mudah untuk menunjukkan kinerja paling baik ketika sedang mengikuti proses seleksi.

2. Memantau Informasi Terbaru tentang CPNS 2023

Meskipun kelihatannya sepele, tetapi  memantau informasi terbaru tentang CPNS 2023 itu juga terbukti bisa mempermudah proses lolos seleksi tahap berikutnya.

Baca Juga  BKN Umumkan Jadwal Resmi Rekrutmen CPNS 2023

Hal itu bisa terjadi dikarenakan tidak jarang sebuah instansi akan memberikan informasi kisi-kisi terbaru mengenai seleksi CPNS 2023.

Dalam hal ini untuk mengikuti informasi terbaru mengenai CPNS 2023 Anda  bisa melihat di akun sosial media milik setiap instansi tersebut.

3. Mempersiapkan Semua Bekas Pendaftaran

Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, pada seleksi CPNS  2023 ini kelengkapan dokumen menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Itu artinya jika ada salah satu dokumen pendaftaran yang tidak benar atau tertinggal maka nantinya Anda akan dinyatakan gagal di tahap awal yakni seleksi administrasi.

Maka dari itu agar hal tersebut tidak terjadi pastikan telah mempersiapkan semua dokumen pendaftaran CPNS 2023 jauh-jauh hari.

Adapun beberapa dokumen yang musti Anda  siapkan itu seperti kartu tanda  penduduk, KK, CV, transkrip nilai dan ijazah.

4. Berlatih Soal-Soal CPNS Tahun Lalu

Tips lolos CPNS 2023 selanjutnya yakni cobalah untuk berlatih soal-soal tes. Untuk soal tesnya sendiri bisa Anda  dapatkan dari buku  CPNS tahun sebelumnya.

Biasanya buku CPNS tahun sebelumnya itu bisa Anda  dapatkan dengan membelinya di pasar atau marketplace.

Nantinya setelah Anda  berhasil mendapatkan buku soal-soal CPNS itu bisa langsung membuat waktu khusus untuk mempelajarinya.

5. Mengetahui Durasi Waktu Pengerjaan Soal

Setelah Anda  benar-benar memahami semua jenis soal yang ada di tes CPNS, maka tidak ada salahnya untuk memahami durasi waktu pengerjaan dari soal tersebut agar tepat waktu.

Umumnya durasi pengerjaan untuk soal CPNS itu sekitar 100 menit. Di mana durasi itu telah dibagi untuk berbagai kategori soal seperti TWK, TKP dan TIU.

Jadi agar nantinya Anda  bisa lolos CPNS 2023 pastikan telah memahami waktu pengerjaan secara efisien dan tepat.

Baca Juga  Situs Eror, Pendaftaran CPNS 2023 Diperpanjang Sampai Tanggal 11 Oktober 2023

Demikianlah ulasan singkat tentang tips lolos CPNS 2023 yang bisa Anda  praktekkan sendiri.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *