Connect with us

Info Nasional

BKN Undur Pendaftaran CPNS Dan PPPK 2023, Ini Alasannya

Published

on

Badan Kepegawaian Negara (BKN) [unews]
Badan Kepegawaian Negara (BKN) [unews]

Jakarta, Bindo.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan penyebab diundurnya pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Awalnya jadwal pendaftaram CPNS dibuka pada hari Minggu (17/9/2023). Kini jadwal tersebut diundur menjadi tanggal 20 September 2023.

BKN berpendapat ada sejumlah alasan yang menyebabkan diundurnya pendaftaran CPNS 2023. Salah satu yaitu disebabkan oleh proses optimalisasi PPPK Teknis yang masih dalam proses.

Hal tersebut disampaikan oleh BKN lewat Surat Edaran Nomor 8871/B-KS.04.01/SD/K/2023 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun Anggaran 2023.

Minggu (17/9/2023), Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara, Haryomo Dwi Putranto menuturkan hingga saat ini proses optimalisasi pengisian kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 berdasarkan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 571 Tahun 2023 masih berlangsung.

Selain itu, sejumlah instansi juga masih melaksanakan verifikasi serta validasi detail kebutuhan jabatan yang akan dibuka di masing-masing instansi dalam seleksi CASN 2023

“Instansi Pusat dan Daerah sampai saat ini masih melakukan proses verifikasi dan validasi formasi,” ujarnya.

Setiap instansi nantinya akan membuka formasi minimal 2 persen bagi pelamar disabilitas dari semua jumlah penetapan kebutuhan yang akan diterima dan pembagian komposisi bagi kebutuhan khusus, yakni tenaga honorer kategori II (THK-2) dan Non-ASN maksimal 80 persen dan kebutuhan umum bagi pelamar baru minimal 20 persen.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) lewat BKN melakukan penjadwalan ulang pembukaan pendaftaran CPNS 2023 agar daoar mengakomodir persiapan semua instansi yang membuka formasi di seleksi CPNS tahun 2023 ini.

Saat ini calon peserta belum dapat membuat akun di sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga  Cara Membuat SKCK Online Beserta Syarat Dan Biayanya

Peserta bisa membuat akun apabila pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 sudah dibuka.

Walaupun pendaftaran CPNS 2023 diundur, BKN menuturkan sejumlah instansi telah mengumumkan rincian formasi.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion