Connect with us

Info Regional

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Salurkan Smooth Fluid untuk Pengeboran di Blok Pangkah

Published

on

foto:istimewa/pertaminajawabarat

Jakarta, Bindo.id – PT Pertamina Patra Niaga melalui Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat (JBB) berhasil melakukan penyaluran perdana Smooth Fluid (SF) untuk pengeboran di Blok Pangkah yang berlokasi di Laut Timur Jawa melalui distributornya PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO) kepada mud services yang melayani PGN Saka yaitu PT China Oilfield Services Limited (COSL) Indonesia.

Dengan bertambahnya pengguna produk SF yang dimiliki oleh PGN Saka, hal ini dilihat bahwa semakin diminatinya Pertamina Smooth Fluid (SF) untuk pengeboran. Dengan disalurkannya ke PGN Saka merupakan bentuk nyata semakin kuatnya Kolaborasi antar Subholding di Pertamina, mulai dari di Produksi di Kilang Pertamina Internasional, dipasarkan Pertamina Patra Niaga sampai dengan digunakan di Hulu yaitu saat ini di PGN Saka.

Region Manager Corporate Sales JBB, Arif Rahman menjelaskan, “Produk Smooth Fluid yang merupakan produksi dalam negeri terbukti dapat bersaing dengan produk Import. Selain meningkatkan TKDN, Smooth Fluid memiliki  keunggulan dan kualitas yang telah terbukti dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam aplikasi pengeboran. Pertamina saat ini juga telah mengembangkan produk SF-04 produksi Kilang Cilacap dan Produk SF-02 Produksi Kilang Dumai untuk lebih mendekatkan produk Smooth Fluid ke Pelanggan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia”.

Pembongkaran Penyaluran Smooth Fluid perdana di Tuban 12 Mei 2023 lalu dihadiri oleh Perwakilan COSL Indonesia, Gatot Prasetyo Ginting, Key Account Special Chemical Faisal Rahman,  Sales Branch Manager Petrochemical I Yosa Ario Sadewo dari Pertamina Patra Niaga, Niko Atmaja Direktur Utama dari PT. Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO).

Saat ini pengiriman yang diterima oleh PT. COSL Indonesia di warehouse plant Tuban berhasil disalurkan sebanyak 1580 Barrels dan masih akan bertambah seiring baru dimulainya pengeboran lepas pantai tersebut.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan menambahkan bahwa Smooth Fluid sendiri merupakan produk hasil inovasi Anak Negeri Perwira Pertamina dari Research & Technology Innovation (RTI) dan upstream inovation.

Produk ini digunakan sebagai Base Fluid yang merupakan Komponen Utama lumpur pengeboran berbasis minyak (oil base mud) digunakan oleh perusahaan KKKS dalam melakukan pengeboran minyak atau gas.

Baca Juga  Kehabisan Bensin Di Jalan Tol, Pemudik Bisa Hubungi Nomor Ini

Selain dari tingkat TKDN yang tinggi (92% untuk Produk SF-02 dan 75% untuk Produk SF-05) produk ini memiliki Kestabilan dan Rheology yang sangat baik dan juga yang terpenting ramah terhadap lingkungan dengan kandungan aromatik dan sulfur yang sangat rendah.

Apabila masyarakat membutuhkan informasi seputar produk dan layanan Pertamina dapat menghubungi layanan Call Center Pertamina 135 yang akan melayani selama 24 jam.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion