Connect with us

Info Regional

Menuju Candi Borobudur, Berjalan Kaki Ribuan Kilometer Lintasi 4 Negara, 32 Biksu Kini Tiba di Kota Bekasi

Published

on

foto;istimewa

Bekasi, Bindo.id – Umat Budha Kota Bekasi mendapat kunjungan dari 32 Bhiksu (Banthe), yang telah berjalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura dan akan mengakhiri perjalanan Thudong di Candi Borobudur saat perayaan Waisak mendatang.

Penyambutan dilakukan berbagi golongan masyarakat dari yang muda hingga tua di Wihara Budha Dharma, Kota Bekasi Jawa Barat, Jumat (12/5/2023).

Ketua Yayasan Wihara Budha Dharma Ronny Hermawan mengatakan para bhiksu itu akan melakukan jalan kaki menuju Candi Borobudur pada 4 Juni 2023 mendatang. Perjalanan mereka dimulai dari Thailand sejak Maret lalu.

“Thudong adalah perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki. Mereka tidur di tempat ibadah, mampir di klenteng, wihara atau asrama haji. Mereka tadi malam nginap di pondok meditasi Bekasi Barat, lalu jam lima berjalan dan sampai di sini,” ujar Ronny, Jumat (12/5/2023).

Para biksu dibasuh kaki untuk masuk ke dalam aula Wihara.

Dia menuturkan, puluhan Bhiksu tersebut akan melanjutkan lagi perjalanan ke Cikarang, Karawang hingga akhirnya ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Setelah ini ke Cikarang jalan kaki, terus istirahat bermalam di Karawang, sebelum terus sampai Magelang,” katanya.

Perjalanan empat negara tersebut dimulai dari Nakhon Si Thammarat, Thailand, dengan berjalan kaki menempuh ribuan kilometer melewati Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Beberapa Bhiksu juga ada yang merupakan warga negara Indonesia.

Alas kaki para Banthe yang dijejerkan rapi oleh panitia saat penyambutan mereka tiba di Wihara Budha Dharma, Margahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023).

Ronny menambahkan, selama melaksanakan ritual dengan melakukan perjalanan, puluhan biksu akan dikawal oleh Laskar Agung Macan Ali Nusantara yang merupakan komunitas muslim asal Cirebon.

“Para Bhiksu ini juga akan menyambangi tokoh-tokoh agama lainnya untuk menciptakan toleransi dan menyuarakan perdamaian dunia,” kata Ronny.

Baca Juga  Anak Mati Batang Otak Usai Operasi Amandel Kini Meninggal Dunia, 8 Orang Telah Dilaporkan

Ritual keagaman diawali dengan doa para Bhiksu dan dilanjutkan dengan sarapan bersama umat dan para Banthe di Aula Wihara Budha Dharma.

Kegiatan juga dihadiri oleh Plt. Wali kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Pembimas Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat, Boddhi Giri Ratana, Ketua Magabutri Wilayah Jawa Barat, Romo Upalla Nanda Suteja, Camat Bekasi Timur, Fitri dan unsur Forkopimda.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion