Connect with us

Info Regional

Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat Resmi Diumumkan Jokowi

Published

on

Logo IKN Nusantara bertema pohon hayat [tribunnews]
Logo IKN Nusantara bertema pohon hayat [tribunnews]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bertema pohon hayat.

Logo tersebut berdasarkan hasil seleksi sayembara yang diikuti oleh sejumlah peserta. Peluncuran logo IKN Nusantara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023).

Sejumlah pihak turut menghadiri acara peluncuran logo IKN Nusantara diantaranya yaitu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Seskab Pramono Anung, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ATR hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, hingga Wishnutama.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’. Kemudian para tamu undangan disuguhkan penampilan tari tradisional.

Kepala Otorita IKN kemudian menyampaikan laporan tentang proses seleksi logo IKN. Acara dilanjutkan dengan tayangan video proses seleksi logo IKN Nusantara.

Kelima desainer yang terlibat pada pembuatan logo IKN Nusantara dipanggil untuk naik ke atas panggung. Mereka mempeeoleh hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp 15 juta.

Di bawah ini kelima desainer logo yang sudah dipilih oleh Presiden Jokowi. Kelima logo tersebut kemudian diserahkan kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi memilihnya :

1. Agra Satria

Agra merupakan pendiri sekaligus direktur kreatif MATA Studio. Agra berasal dari alumni DKV ITB. Dirinya meneruskan pendidikannya di Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.

2. Aulia Akbar

Aulia merupakan desainer grafis berdomisili di Bandung. Aulia berasal dari lulusan ITENAS. Dirinya juga menjadi co-founder POT Branding House.

3. Dimas Fakhruddin

Dimas merupakan desainer grafis profesional yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Dimas menjadi pendiri Yumakiso Studio. Studio ini merupakan studio desain grafis yang berfokus di branding, packaging, dan tipografi.

Baca Juga  Luhut Percayakan Proyek Pembangunan IKN Diawasi Oleh Bule

4. Ismiaji Cahyono

Ismiaji merupakan kepala studio desain SUNvisual. Pengalamannya lebih dari 20 tahun. Ismiaji berasal dari lulusan DKV ITB. Dirinya mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan pendidikannya ke program master ke The School of the art Chicago. Dirinya menempuh program masternya melalui beasiswa fullbright.

5. Wildan Ilham

Wildan merupakan Co-founder workbyw. Workbyw merupakan konsultan brand di Jakarta. Karyanya sudah dipublikasikan di sejumlah media internasional diantaranya The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

Jokowi lalu memberikan pegumuman logo yang terpilih sebagai logo IKN Nusantara yaitu desain dari Aulia Akbar.

Logo tersebut memiliki tema pohon hayat. Pemenang sayembara logo memperoleh hadiah senilai Rp 185 juta.

“Logo yang terpilih bertema pohon hayat,” tutur Jokowi

“Yang didesain oleh Mas Aulia Akbar,” imbuhnya.

Periode pemilihan logo IKN sudah ditutup pada tanggal 20 Mei 2023. Proses voting telah melibatkan lebih dari 500 ribu masyarakat Indonesia.

“Semua masyarakat ikut serta memilih logo, ini akan kebawa terus sampai kemudian hari,” tutur Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (23/5/2023)..

Bambang berpendapat bukti lebih dari 500 ribu orang telah ikut berpartisipasi merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Harapannya Nusantara ini ke depannya menjadi kebanggaan tersendiri untuk kita semua.

Semua lapisan masyarakat diajak berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN. Partisipan berasal dari masyarakat sipil, aparatur sipil negara (ASN), hingga TNI serta Polri.

Bambang berpendapat atensi publik dibutuhkan sehingga pemilihan logo IKN memiliki nilai representasi yang baik.

OIKN bersama BNI menginformasikan poling pemilihan sayembara logo tersebut melalui kanal-kanal media strategis.

Pengumuman poling dilakukan melalui televisi, radio, iklan videotron, website, media massa, dan media sosial, dilansir dari detikcom.

Baca Juga  Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Jalan Dan Ground Breaking Hotel Pada Hari Ketiga Di IKN

Pemilihan logo ini dilakukan secara terbuka. Hal ini bertujuan supaya semua pihak bisa ikut terlibat langsung pada proses persiapan, pembangunan, serta pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion