Connect with us

News

Alasan Pemerintah Undur Pemasangan Furniture di Rusun PNS di IKN

Published

on

Potret Desain Interior Rusun ASN di IKN
Potret Desain Interior Rusun ASN di IKN

Jakarta (Bindo.id) – Rumah susun (rusun) untuk ASN-Hankam di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan didirikan sejumlah 47 tower dimana sejumlah 12 tower akan diselesaikan pada Juli 2024. Rusun ini nantinya akan diberikan perlengkapan dengan meubelairnya alias full-furnished.

Tetapi, Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  mengungkapkan bahwa pemasangan furniture di rusun ASN-Hankam akan dilakukan penundaan setelah penyelesaian 12 tower.

Hal ini dikarenakan, ASN maupun pekerja Hankam tidak langsung menempati rusun tersebut tetapi akan dipakai oleh petugas upacara 17 Agustus 2024 dahulu.

“Kalau furniturenya saya tahan dulu karena untuk petugas-petugas dulu. Paling tempat tidur dan meja makan mungkin, yang lainnya saya hold dulu. Nanti kalau sudah selesai 17 Agustus-an baru masuk, tapi semua sudah dibelanjakan,” ujar Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2024).

Selain itu, kantor-kantor yang ada juga akan dipakai untuk keperluan petugas upacara 17 Agustus 2024. Basuki juga mengatakan, ASN baru akan pindah ke IKN setelah 17 Agustus 2024.

Sedangkan Iwan Suprijanto selaku Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mengatakan bahwa sekarang ini belum ada rusun yang pembangunannya sudah selesai. Tetapi telah ada 9 tower yang sudah dilakukan penutupan atap bangunan atau topping off. Proses dibangunnya 12 tower rusun ini baru berjalan 35% dan akan diselesaikan pada Juli 2024.

“(Sudah ada Rusun yang jadi?) Oh belum. 9 (tower) yang topping off. 9 (tower) topping off sebelum libur Lebaran,” katanya.

Rusun ASN-Hankam yang berjumlah 47 tower tersebut didirikan dengan biaya APBN dan akan rampung pada akhir tahun 2024.

Pada bulan Juni akan dilakukan pengadaan air minum yang mengalir di IKN yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan di IKN pada bulan Juli.

Baca Juga  Jokowi Memasang Bilah Pertama Garuda Kantor Presiden IKN, Semuanya Sesuai Dengan Rencana

Diketahui, luas unit rusun ASN-Hankam berkisar 98 m2 yang di dalamnya terdapat 3 kamar tidur, ruang keluarga, dapur, 2 kamar mandi, dan ruang servis. Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR sempat memperlihatkan mock up rusun ASN-Hankam di IKN pada acara Pameran Konstruksi Indonesia 2023 bulan November 2023 lalu.

Pada penampilan mock up tersebut, terlihat unit rusun yang disediakan dengan sejumlah furnitur, diantaranya ada sofa, TV, AC, tempat tidur. meja makan, meja untuk bekerja, kompor, shower, kloset, dan lain sebagainya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion