Connect with us

Politik

Para Pekerja Ramai-Ramai Nyoblos Di TPS Saat Pemilu Pertama Di IKN

Published

on

Pemilu pertama di IKN Tahun 2024 [rri]
Pemilu pertama di IKN Tahun 2024 [rri]

Jakarta, Bindo.id – Pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memberikan kesempatan kepada para pekerja di IKN Nusantars untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024.

Di wilayah ini, ada 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus yang disediakan oleh OIKN.

Sekretaris OIKN Ahmad Jaya Santosa, menuturkan TPS Khusus ini lokasinya berada di rest area IKN.

Lokasi TPS ini beririsan dengan 424 TPS lainnya yang letaknya berada di tiga kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara. Ketiga kecamatan tersebut yakni Sepaku, Penajam, dan Waru.

“Otorita IKN bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), KPUD PPU, Panwaslu PPU, TNI, Polri, dan Manajemen Konstruksi Induk (MKI) IKN telah bekerja sama untuk memastikan para pekerja IKN dapat menggunakan hak pilihnya,” ujar Jaka, Rabu (14/2/2024).

Dalam keterangan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Irwan Syahwana menuturkan pihaknya sudah bekerja maksimal supaya para pekerja dapat menggunakan hak pilihnya.

“Pemilu di wilayah Sepaku telah kami persiapkan secara maksimal dan kami telah berkoordinasi serta mensosialisasikan Pemilu kepada calon pemilih terutama para pekerja IKN,” paparnya.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Korwil Sepaku, Wiwik Susiati menuturkan pihaknya sudah berusaha untuk memberikan informasi tentang hal itu ke berbagai pihak.

KPU bersurat dengan berbagai perusahaan maupun balai yang ada di Samarinda dan Balikpapan supaya para pekerja di IKN dapat menggunakan hak pilihnya.

“Usaha kami juga difasilitasi oleh Polda, Polres dan Pj Bupati PPU untuk sosialisasi terkait daftar pemilih tambahan (DPTb) untuk pekerja IKN,” ujarnya.

Melihat proses pemilihan yang berjalan, Jaka memiliki harapan Pemilu 2024 akan jadi momentum untuk melakukan konsolidasi demokrasi dalam menyambut hadirnya IKN Nusantara.

Baca Juga  Ketua Beserta Komisioner KPU Diperiksa DKPP Terkait Dugaan Kebocoran Data DPT Pemilu

“Pemilu 2024 akan menjadi momen yang pas bagi konsolidasi demokrasi menuju demokrasi yang paripurna untuk mewujudkan IKN sebagai ibu kota negara yang untuk pertama kalinya dirancang, dibangun, dan diwujudkan oleh Putra-putri Bangsa Indonesia,” tandasnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion