Connect with us

Info Regional

Polda Metro Jaya Berikan Jaminan Keamanan Jakarta Saat Ditinggal Mudik Lebaran 2023

Published

on

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto [jawapos]
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto [jawapos]

Jakarta, Bindo.id – Polda Metro Jaya memberikan jaminan keamanan Jakarta saat sejumlah warganya pergi Mudik Lebaran 2023. Masyarakat yang akan pergi mudik tak perlu khawatir meninggalkan rumah kosong.

Pihak kepolisian akan mengadakan patroli di rumah-rumah kosong yang ditinggal pemudik. Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga menyediakan pelayanan bagi masyarakat yang akan menitipkan motornya di kantor polisi.

Personel Polda Metro Siaga Penuh

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meminta personel agar dapat bersiaga untuk mengamankan mudik Lebaran. Anggota Polda Metro Jaya tak dibolehkan untuk mengambil cuti, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak dan urgen.

“Kami tidak satu pun yang libur dan tidak satu pun yang cuti, kecuali misalnya ada orang tuanya sakit keras dan lain-lain itu insiden,” tutur Karyoto

Pihaknya telah memerintahkan seluruh aparat yang ada di bawah untuk melakukan koordinasi dengan satuan-satuannya.

Patroli di Rumah Kosong

Polda Metro Jaya akan mengadakan patroli agar dapat memastikan keamanan rumah yang ditinggal pemudik. Patroli akan diintensifkan disejumlah tempat kos yang berada di Jakarta.

Rumah-rumah mewah yang memiliki potensi dijadikan sasaran pencurian tak luput dari patroli. Polisi akan menjaga seluruh hal yang memiliki potensi dapat menimbulkan kerawanan.

“Setiap Polres pasti ada (pengamanan). Setiap perumahan mewah terbuka pasti rawan semua,” ujarnya.

Karyoto memberikan contoh ada kos-kosan yang berisi 5 sampai 10 motor ditinggal mudik. Kondisi yang ditinggal pemudik menjadikan suasana kos tersebut sepi. Kondisi inilah yang bisa berpotensi orang punya niat jahat.

Polisi mengajak masyarakat agar dapat ikut berperan aktif untuk mencegah kejahatan. Polisi akan pastikan lingkungan warga memperoleh pengamanan demi mencegah kesempatan terjadi kejahatan.

“Mungkin kalau dipatrolikan, warga sekitar ikut menjaga, ada kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Peringati HUT Ke-75, Polwan Gelar Baksos dan Bersih-Bersih di Bantaran Ciliwung

Menurutnya, kegiatan ini dapat menghilangkan kesempatan orang-orang yang memiliki niat jahat.

Polisi Sediakan Tempat Penitipan Motor

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menuturkan pihaknya sudah memberikan imbauan adanya potensi kejahatan saat warga DKI Jakarta meninggalkan kendaraan dan rumah mereka saat mudik. Karyoto memberikan imbauan agar warga menitipkan kendaraannya di polsek maupun polres terdekat supaya aman.

“Mudah-mudahan kami juga udah mengimbau kepada polres-polsek yang punya space untuk menerima penitipan,” tuturnya, Selasa (18/4/2023).

Di sana akan menyediakan tempat dan menjaga dengan aman selama 24 jam. Keamanan pasti terjaga sebab berada di wilayah polsek atau polres. Pihaknya tentu mempunyai keterbatasan untuk memastikan seluruh kondisi aman dari kriminal saat momen Mudik Lebaran. Akan tetapi pihaknya akan menjaga keamanan di Jakarta secara maksimal yaitu dengan meningkatkan patroli.

“Kami menyadari anggota kami ada yang jumlahnya sekian ini, kami hanya bisa berusaha semaksimal mungkin,” ucapnya.

Patroli ditahun kemarin dalam satu hari 3 atau 4 kali, di tahun ini intensitasnya akan ditingkatkan. Harapannya tempat penitipan ini menjadikan pemudik tidak khawatir untuk meninggalkan rumah maupun kendaraannya.

“Intinya nanti pada saat warga Jakarta yang mudik ini pulang, di sana merasa aman, nyaman, nggak was-was,” tuturnya, dilansir dari detik.com.

Program penitipan ini meminimalisir adanya was-was dan pikiran motor hilang, gerobak hilang, dan lainnya. Hal itu akan dimaksimalkan oleh pihak kepolisian untuk menjaga keamanan wilayah Jakarta.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion