Connect with us

Transportasi

Perhatian! Aturan Ukuran Koper yang Boleh Dibawa dalam Perjalanan Mudik dengan Kereta Api!

Published

on

Foto istimewa/dok/bas
Foto istimewa/dok/bas

JAKARTA (Bindo.id) – Koper digunakan untuk membawa pakaian dan barang saat perjalanan. Saat bulan puasa banyak masyarakat akan bepergian untuk mudik atau berlibur.

Dalam rangka memudahkan para penumpang kereta dalam membawa bagasi, PT KAI memiliki aturan ukuran koper yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin kereta.

PT KAI juga memberikan batasan berat maksimal bagi penumpang dalam membawa seluruh bagasi, termasuk koper dan tas tangan, yaitu dengan berat maksimal.

Jika penumpang membawa barang melebihi batas-batas tersebut, maka penumpang harus memanfaatkan layanan bin pengiriman barang.

Sebagai informasi tambahan, untuk kelas bisnis dan eksekutif, tersedia layanan bawa koper tambahan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ukuran Koper yang Boleh Masuk Kabin Kereta

PT KAI menginformasikan aturan koper yang boleh masuk kabin kereta. Kebijakan ini bertujuan untuk menjamin keselamatan perjalanan dan kenyamanan sesama penumpang lain, yang berhak menggunakan rak bagasi.

Rak bagasi di atas kereta api memiliki keterbatasan dalam menampung bagasi penumpang. Oleh karena itu, penumpang diharapkan untuk tidak membawa barang bawaan yang dimensi dan beratnya melebihi ketentuan yang ditetapkan.

Penumpang kereta api perlu mengetahui batas ukuran koper untuk masuk kabin kereta. Berdasarkan unggahan resmi KAI melalui akun Instagramnya (@kai121_), berikut informasi ukuran koper yang boleh masuk kabin kereta api.

• Koper ukuran < 20 inci

• Koper ukuran 22 inci

• Koper ukuran 24 inci

• Koper ukuran 26 inci.

Perlu dicatat juga, maksimal berat koper yang boleh masuk kabin kereta adalah 20 kilogram.

Bagaimana Jika Penumpang Membawa Koper Lebih dari 26 Inci?

Batas maksimal ukuran koper yang boleh masuk kabin kereta adalah 26 inci dengan berat maksimal 20 kilogram. Ini aturan KAI apabila penumpang membawa koper dengan ukuran lebih dari 26 inci dan beratnya lebih dari 20 kilogram?

Baca Juga  Sejumlah KAJJ dari Gambir Akan Layani Keberangkatan Penumpang di Stasiun Jatinegara Khusus Sabtu 2 Desember 2023 Besok

• Jika penumpang membawa koper yang ukurannya lebih dari 26 inci, maka akan dikenakan ketentuan kelebihan bagasi atau bea bagasi.

• Jika dimensi kopernya melebihi 70 cm x 48 cm x 60 cm, maka tidak diperbolehkan masuk ke dalam kereta api dan disarankan menggunakan jasa pengiriman melalui ekspedisi.

Aturan Bagasi Penumpang Kereta Api

Selain ketentuan ukuran koper, PT KAI juga menerapkan aturan bagasi penumpang kereta. Cek informasinya.

• Bagasi yang dapat dibawa naik ke dalam KA adalah 20 kilogram setiap penumpang.

• Ukuran dimensi maksimal adalah 70 cm x 48 cm x 30 cm.

• Maksimal terdiri dari 4 kali (item bagasi).

• Jika saat melakukan boarding pemeriksaan tiket, penumpang diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan, maka akan dikenakan biaya sebagai berikut.

– Kelas eksekutif: Rp10.000,- per kg

– Kelas bisnis: Rp6.000,- per kg

– Kelas ekonomi: Rp2.000,- per kg.

• Barang bawaan yang dimensinya melebihi 70 cm x 48 cm x 60 cm, maka tidak diperbolehkan masuk ke dalam kereta api dan disarankan menggunakan jasa pengiriman melalui ekspedisi.

• Barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa:

– Hewan peliharaan

– Senjata api dan senjata tajam

– Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya

– Papan selancar

– Barang yang mudah terbakar/meledak

– Berbau menyengat.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion