Connect with us

Transportasi

Pemantauan Arus Balik di H+4 Lebaran, 50 Persen Lebih Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Published

on

Pantauan bersama di KM 70 Cikampek

Cikampek, Bindo.id – Hingga Kamis (27/4) atau H+4 pascalebaran, masih ada sekitar 55,8% kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa.

Masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Ahad dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua.

Untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, serta melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

“Kita masih ada lima hari lagi sampai dengan 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di Ahad (30/4/2023) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di Ahad atau Senin depan,” urai Menhub.

Selain Lebaran Kupat, Menhub mengungkapkan, adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Untuk itu, Menhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik Kamis, Jumat, serta Sabtu (27 s.d. 29 April 2023) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Ahad dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

“Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20%. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik,” tutur Menhub.

Dia berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik.

“Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga 1 Mei , Insya Allah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” ucap Menhub.

Baca Juga  Arus Balik Lebaran 2024, Titik Rawan Kecelakaan Di Tol Trans Jawa Dipetakan Pihak Kepolisian

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Dengan lalu lintas yang cukup lancar menuju Jakarta, agar jangan terlalu buru-buru ingin sampai dan perhatikan batas kecepatan kendaraan,” katanya.

Dia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, serta rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, dengan tetap melihat situasi dan kondisi lapangan (situasional).

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirut Jasa Marga Subakti Syukur, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Hubdat Cucu Mulyana, serta Kepala BPTD Wilayah IX Jabar Muhammad Fahmi.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion