Connect with us

Transportasi

Pemudik Diprediksi Melonjak, Korlantas Siapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

Published

on

foto:istimewa/polri

Jakarta, Bindo.id — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada Mudik 2023, mengingat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut oleh Presiden Joko Widodo.

“Tapi kalau dilihat sudah lepas dari PPKM kemudian melihat animo tahun lalu, maka akan ada peningkatan,” kata Irjen Firman di Gedung NTMC Polri, Cawang, Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Selain itu, kata Firman, jalan tol diprediksi akan tetap menjadi pilihan masyarakat sebagai lajur yang akan digunakan dalam perjalanan Mudik Lebaran 2023 nanti menuju lokasi-lokasi yang akan dituju.

Kendati demikian, Korlantas telah menyiapkan jalur-jalur yang ada seperti seperti Pantura, kemudian jalur tengah bahkan sampai kepada Pansela (Pantai Selatan) untuk keberangkatan dan pulang dalam Mudik Lebaran 2023.

“Sehingga tidak bertemu pada satu titik puncak pada satu hari yang sama dan menghindari kemacetan yang ada,” ucap Firman.

Terakhir, Irjen Firman mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar tetap dalam kondisi prima baik manusia hingga kendaraannya. Pasalnya, kondisi cuaca juga mesti diperhatikan bagi keselamatan pengendara selama di perjalanan nantinya.

“Inilah yang saya katakan bahwa berlalulintas punya hak dan kewajiban dan toleransi yang tinggi disitu. Nah kita berharap masyarakat mengikuti apa yang disampaikan oleh petugas hingga kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan bisa selamat sampai tujuan,” pungkas dia. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jelang Lebaran, FIFGROUP Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim, Kaum Dhuafa dan Mitra