Connect with us

Info Nasional

Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Menjadi Panglima TNI

Published

on

Jokowi melantik Jenderal Agus Subiyanto [setkab]
Jokowi melantik Jenderal Agus Subiyanto [setkab]

Jakarta, Bindo.id – Jenderal Agus Subiyanto hari ini resmi dilantik menjadi Panglima TNI.

Jenderal Agus menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono yang akan masuk pada masa pensiun.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, pukul 08.30 WIB. Acara pelantikan Jenderal Agus dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto diawali dengan membacakan keputusan presiden soal pemberhentian serta pengangkatan Panglima TNI.

Kemudian, Jokowi menyematkan tanda pangkat serta menyerahan tongkat Komando Panglima TNI kepada Jenderal Agus Subianto.

Jokowi selanjutnya memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” demikian isi petikan sumpah yang dibacakan oleh Jenderal Agus Subiyanto.

Hadir di acara pelantikan ini yakni Menhan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menko Polhukam Mahfud Md, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Turut menghadiri juga Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI sebelumnya Laksamana Yudo Margono, serta Ketua Wantimpres Wiranto.

Tampak juga Ketua DPR RI Puan Maharani beserta Wakil Ketua DPR Dasco serta Rachmat Gobel. Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, serta KSAL Laksamana Muhammad Ali juga turut menghadiri acara ini.

Jenderal Agus Subiyanto belum lama dilantik jadi KSAD. Pelantikannya yakni pada tanggal 25 Oktober 2023.

Baca Juga  Jokowi Berikan Ucapan Selamat Untuk Putri Ariani Peraih Golden Buzzer America's Got Talent

Selang sebulan, Jenderal Agus Subiyanto  terpilih menjadi Panglima TNI sebagai pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki usia pensiun pada tanggal 26 November 2024.

Jenderal Agus Subiyanto sudah melakukan uji kelayakan serta kepatutan atau fit and proper test yang digelar di Komisi I DPR pada Senin, (13/11/2023).

Pengesahan juga dilaksanakan oleh DPR RI di rapat paripurna, Selasa (21/11/2023).

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion