Connect with us

Info Nasional

Iriana Mengajak Istri Pemimpin ASEAN Berkeliling TMII Kenalkan Indonesia

Published

on

Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan penyambutan kepada para pendamping pemimpin ASEAN beserta mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta [voi]
Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan penyambutan kepada para pendamping pemimpin ASEAN beserta mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta [voi]

Jakarta, Bindo.id – Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan penyambutan kepada para pendamping pemimpin ASEAN beserta mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta.

Kegiatan itu sebagai bagian dari rangkaian kegiatan di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43.

Kedatangan diawali dari Ibu Vandala Siphandone yang berasal dari Laos, Ibu Yuko Kishida berasal dari Jepang, Ibu Pich Chanmony Hun Manet berasal dari Kamboja, Ibu Rebeka Sultana berasal dari Bangladesh, dan Ibu Jodie Hydon berasal dari Australia.

Selanjutnya, kedatangan Ibu Wan Azizah Wan Ismail berasal dari Malaysia, Ibu Louise Araneta Marcos berasal dari Filipina, Ibu Ritu Banga berasal dari Bank Dunia, Ibu Kim Kun-Hee berasal dari Republik Korea, serta Ibu Ho Ching berasal dari Singapura.

Para pendamping disambut dan bersalaman dengan Iriana.

Selanjutnya, para pendamping menjalani sesi foto bersama.

Setelah sesi foto, mereka lalu menuju ke Art Market.

Setelah itu, Iriana beserta para pendamping menuju ke Panggung Budaya, TMII Archipelago. Di sana, mereka menyaksikan aktivitas berbasis budaya.

Iriana juga mengajak para pendamping pemimpin ASEAN berkeliling untuk melihat anjungan provinsi di TMII Archipelago dengan memakai angkutan keliling (angling), Rabu (6/9/2023).

Kegiatan para pendamping tersebut diakhiri dengan peninjauan UMKM serta jamuan makan siang dengan diiringi lagu-lagu yang berasal dari negara-negara ASEAN serta mitra. Kegiatan ini berlangsung di Sasono Utomo, TMII Archipelago.

Harapan Iriana, para pendamping bisa menikmati sajian ragam budaya Indonesia yang akan ditampilkan saat kegiatan program pendamping.

“Saya berharap nanti kegiatan yang ada di Jakarta ini semua menikmati,” ujar Iriana.

Para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra juga menyaksikan beberapa pertunjukan budaya.

Baca Juga  Tegaskan Sikap RI Untuk Gaza, Prabowo Membuka Pertemuan Menhan Dari Negara ASEAN

Pertunjukan budaya diawali dengan pertunjukan teatrikal ‘Si Pitung dan Aminah’. Pertunjukan teatrikal tersebut diperankan oleh anak-anak Indonesia.

Di kesempatan tersebut, para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra diajak Iriana untuk bermain alat musik angklung yang berasal dari Jawa Barat.

Selanjutnya, mereka menikmati pertunjukan teatrikal dengan latar belakang cerita perjalanan anak-anak berlayar menuju ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Pulau Kalimantan.

Penampilan terjun payung yang diperagakan oleh para wanita dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri menjadi penutup sesi pertunjukan budaya Indonesia

Tak hanya lewat seni pertunjukan, Iriana juga mengenalkan Indonesia dengan berkunjung ke anjungan daerah yang ada di TMII Archipelago.

Harapan Iriana, para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra bisa berkeliling secara langsung ke semua daerah yang ada di Indonesia.

Iriana menjelaskan bahwa versi mini dari Indonesia dapat yang ada di sini. Iriana menunjukkan peta Indonesia versi mini kepada mereka.

“Ibu-ibu harusnya tidak hanya melihat ini saja nanti bisa keliling di seluruh Indonesia,” ujarnya, dilansir dari detikcom.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion