Connect with us

Hukum & Kriminal

Debt Collector Gadungan Di Depok Beli Ribuan Data Kredit Motor Dengan Modal Rp 150 Ribu

Published

on

Polres Metro Depok meringkus dept collector gadungan [viva]
Polres Metro Depok meringkus dept collector gadungan [viva]

Depok, Bindo.id – GMB (43) alias Preso, debt collector gadungan di Depok, Jawa Barat menuturkan mempunyai ribuan data kredit motor yang berasal dari sebuah aplikasi.

Dengan melakukan pembayaran senilai Rp 150.000 hingga Rp 200.000, Preso menuturkan dirinya sudah dapat memiliki ribuan data “kreditan” sepeda motor yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Namun, dirinya menolak untuk menjelaskan lebih rinci soal aplikasi tersebut.

“Ada di data, datanya beli dari aplikasi, ada di situ datanya. Satu kali beli dapat ribuan data se-Indonesia,” tutur Preso ketika dihadirkan saat rilis perkara Mapolres Metro Depok, Selasa (14/11/2023).

Setelah menentapkan targetnya, Preso kemudian langsung melakukan pengamatan terhadap korban. Setelah itu dirinya menghampiri sambil membawa surat leasing palsu yang sudah dibuatannya agar lebih meyakinkan korban.

Seperti yang terjadi pada bulan Oktober 2023. Preso melakukan aksinya dengan mendekati korban dan bertanya apakah korban sudah melunasi kreditnya atau belum.

Ketika berada di TKP Jalan Raden Saleh pada tanggal 5 Oktober 2023, tersangka melihat satu buah unit motor.

“Kemudian tersangka mendekati korban, seolah-olah menanyakan apakah kredit motornya sudah lunas atau belum,” tutur Simaremare.

Setelah itu, Preso menuturkan motor korban harus dibawa ke pool leasing yang ada di kawasan Sukmajaya.

“Tersangka bersama-sama dengan korban lalu berangkat ke pool leasing sepeda motor bekas tarikan di Sukmajaya,” ujar Simaremare

Usai sampai di pool, tersangka kemudian langsung kabur untuk melarikan diri dan membawa motor korban.

Korban yang tak tahu apa-apa lalu menanyakan serta menunjukkan surat yang diserahkan tersangka kepada petugas pool leasing yang ada di lokasi.

Preso mengaku bukan pegawai di sana dan petugas leasing mengaku dirinya tak mengenali tersangka.

Baca Juga  Biskita Trans Depok Segera Hadir, Diresmikan Menhub Lusa

Korban akhirnya melaporkan ke Polres Metro Depok. Ketika proses penyelidikan, polisi yang melihat tersangka di Jalan Raya GDC kemudian langsung membekuknya.

“Kemarin kita lihat tersangka berada di Jalan Raya GDC, di pinggir jalan. Kemudian kita lakukan penangkapan terhadap tersangka,” ujar Simaremare.

Saat ini pelaku dalam pemeriksaan Satreskrim Polres Metro Depok.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion