Connect with us

Hukum & Kriminal

Dibantu Kepolisian, KCIC Berhasil Tangkap 6 Pelaku Pencuri Komponen Prasarana Kereta Cepat JKT-BDG

Published

on

Foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – KCIC dibantu oleh Polres Karawang berhasil mengamankan enam orang yang diduga mencuri prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) seperti kabel tembaga, baut, dan penambat rel.

Keenam tersangka tersebut akan dikenakan tindakan pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman dengan Pidana Penjara Paling Lama 7 Tahun.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, KCIC berterima kasih kepada Kepolisian khususnya Polres Karawang yang telah berhasil menangkap pelaku serta secara tegas memproses hukum sesuai undang-undang yang berlaku untuk menimbulkan efek jera

“KCIC mengecam kejadian pencurian ini karena selain merugikan juga dapat membahayakan perjalanan Kereta Api Cepat jika nantinya sudah beroperasi. Masyarakat diminta untuk tidak masuk, merusak, hingga mengambil prasarana KCJB,” ujar Emir dalam keterangannya, Selasa (6/6/2023).

Selama masa konsutruksi, pengamanan proyek KCJB menjadi tanggung jawab kontraktor proyek.

KCIC juga telah berkolaborasi dengan TNI dan Polri dalam rangka memperkuat proses pengamanan di berbagai wilayah.

KCIC bersama kontraktor dan TNI-Polri telah dan akan terus meningkatkan pengamanan dan sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat yang ada di trase KCJB agar kejadian serupa tidak kembali terulang di kemudian hari.

Emir menambahkan, meski ada kejadian ini, progres pembangunan KCJB terus berjalan sesuai rencana dan akan terus dipercepat jelang target operasional yang ditetapkan.

Testing dan Commissioning terus dilakukan untuk memastikan KCJB dapat beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam.

“KCIC akan terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat, mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga sarana prasarana KCJB, dan segera melaporkan ke pihak berwenang jika menemukan hal-hal yang mencurigakan,” tutup Emir.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kereta Cepat Whoosh Terapkan Tarif Baru Mulai 3 Ferbruari 2024, Ini Rinciannya!