Connect with us

Hukum & Kriminal

TNI Gadungan di Bekasi, Palak Hajatan dan Masjid Sudah 1 Tahun Beraksi

Published

on

TNI Gadungan berinisial AH berhasil di Tangkap [instagram]
TNI Gadungan berinisial AH berhasil di Tangkap [instagram]

Bekasi, Bindo.id – TNI gadungan dengan inisial AH akhirnya tertangkap di Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto mengatakan berdasarkan informasi yang didapatkan, AH sudah meresahkan selama 1 tahun.

“Pelaku meresahkan masyarakat Jatiasih sudah lebih dari 1 tahun,” tutur Luluk, Selasa (4/4/2023).

Luluk menyebutkan selama ini AH mengenakan pakaian dinas harian TNI untuk melakukan pemalakan kepada warga. AH meminta sejumlah uang saat ada acara hajatan. Bahkan AH juga meminta uang ke masjid-masjid. Dalih yang digunakan AH yakni sedang mengumpulkan dana sosial maupun takjil.

“Dalam aksinya, ia selalu menggunakan pakaian dinas PDH PM Mabes TNI,” tuturnya.
AH ditangkap Serda Ayupti, seorang Babinsa Koramil Jatiluhur, Kodim 0507/Bekasi, saat sedang melintas di Jalan Raya Wibawa Mukti 2, RW 10 Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi pada Minggu (2/4/2023). AH saat ini berhasil diamankan di Polsek Jatiasih dan akan diproses lebih lanjut.

Dilansir dari detik.com, Barang bukti yang berhasil disita yaitu:

  • 1 buah seragam PDH PM Mabes TNI dengan pangkat sersan mayor
  • 1 buah motor Vario 2017 dengan nopol B-3476-ELD dan kuncinya
  • 1 buah STNK dengan atas nama UD
  • KTP dengan atas nama Adiyat Herriyadie
  • 1 buah blangko KTA TNI
  • Uang tunai senilai Rp 850 ribu
  • Kartu berobat rumah sakit.

Kronologi Penangkapan AH

Berawal saat Serda Ayupti sedang menuju kantor. Serta Ayupti mengendarai sepeda motor untuk melakukan apel siaga di Kodim 0507/ Bekasi. Dirinya saat itu melintas di Jalan Raya Wibawa. Di tempat tersebutlah dia mencurigai seorang yang mengenakan pakaian dinas PDH yang tak sesuai dengan fungsinya.

Saat akan dihentikan, pelaku sempat melarikan diri. Sehingga Serda Ayupti terpaksa menabrak AH supaya berhenti. Serda Ayupti berupaya agar dapat menghentikannya. Akan tetapi dia tak mau berhenti.

Tak gentar, Serda Ayupti mengejar pelaku dan menabrak motor AH hingga terjatuh. Setelah ditabrak, AH tetap berusaha untuk melarikan diri. Akhirnya tentara gadungan tersebut berhasil ditangkap dengan bantuan warga.

“Serda Ayupti kembali mengejar pelaku menggunakan motor dan menabrak tentara gadungan tersebut. Serta langsung ditangkap yang dibantu warga,” ujar Luluk.

Luluk mengungkapkan saat pelaku akan ditangkap, AH berusaha melakukan perlawanan. Oleh sebab itu, masyarakat ikut membantu menangkapnya. Setelah berhasil ditangkap, AH lalu dibawa ke Koramil 04/ Jati Asih. Kemudian AH diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Pelaku saat ini sudah kami serahkan ke Polsek Jatiasih,” ujar Luluk.

AH diserahkan ke Polsek Jatiasih agar dapat diproses lebih lanjut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *