Connect with us

News

Peringatan Waspada Tsunami Akibat Naiknya Status Gunung Ruang dari Siaga Jadi Awas

Published

on

Erupsi dengan kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024).
Erupsi dengan kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024).

Sitaro (Bindo.id) – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan mengungkapkan status Gunung Ruang di Sitaro, Sulut, naik dari yang sebelumya Level III Siaga menjadi Level IV Awas pada, Selasa (30/4/2024).

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 Wita,” kata Hendra Gunawan.

Dia menuturkan, Gunung Ruang yang berafa pada Level IV Awas, pihaknya memberikan beberapa saran. Pihaknya menghimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan untuk berwaspaxa dan tak masuk ke kawasan dengan radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

“Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km,” katanya.

Selain itu, masyarakat di Pulau Tagulandang, terutama yang tinggal di dekat pantai, untuk waspada jika terjadi luruhan awan panas (surge), lontaran batuan pijar, dan tsunami yang disebabkan oleh masuknya material erupsi ke laut atau tubuh gunung yang longsor ke dalam laut.

“Kami mengimbau warga untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan melakukan evaluasi tingkat aktivitas Gunung Ruang dengan terus-menerus atau apabila ada transformasi aktivitas yang signifikan. Jika evaluasi selanjutnya belum diumumkan maka tingkat aktivitas dianggap tetap.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Gunung Ruang Sulawesi Utara Erupsi Berdampak Pada Penundaan 15 Penerbangan Dari dan Ke Manado
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *