Connect with us

News

Gunung Ruang Sulawesi Utara Erupsi Berdampak Pada Penundaan 15 Penerbangan Dari dan Ke Manado

Published

on

Letusan Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

Jakarta (Bindo.id) – Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), mengakibatkan penundaan 15 penerbangan dari dan menuju Ibu Kota Sulut, Manado. Penerbangan tersebut ditunda sampai pukul 16.00 Wita.

“Sesuai diumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) penutupan sementara hingga pukul 16.00 WITA,” ujar Maya Damayanti selaku General Manager Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, pada Kamis (18/4/2024).

Damayanti menjelaskan bahwa pihaknya sebelumnya menunda penerbangan dengan batas akhir pukul 10.00 Wita. Namun, setelah dilakukan sinkronisasi dengan beberapa stakeholders, sehingga penundaan penerbangan dilakukan perpanjangan sampai pukul 16.00 Wita.

Sekarang ini terdapat sejumlah 15 penerbangan dari dan menuju Manado yang ditunda.

“Delapan rute keberangkatan, dan tujuh kedatangan yang mengalami penundaan, sudah termasuk penerbangan internasional,” jelasnya.

Marcelina Kondoahi (32) adalah salah satu calon penumpang maskapai TransNusa, yang akan melakukan penerbangan dengan rute Manado-Sorong, Papua Barat berharap agar erupsi Gunung Ruang segera membaik dan penerbangan dapat normal kembali.

“Semoga keadaan cepat membaik, dan penerbangan bisa kembali normal,” kata Marcelina.

Sementara Khairun, salah satu pemudik yang akan kembali ke Jakarta dengan maskapai Garuda Indonesia merasa pasrah terkait penundaan tersebut. Dia memahami jika tidak dapat menghindari gangguan alam tersbut.

“Kami mendukung upaya bandara melakukan penutupan penerbangan demi keselamatan manusia,” katanya.

Sebagai info, peringatan tsunami dikabarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setelah rantaian erupsi eksplosif dengan awan panas yang terjadi di Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro. Pada data PVMBG mengatakan bahwa telah terjadi erupsi sebanyak lima kali dengan ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak Gunung Ruang dalam jangka waktu 24 jam terakhir.

Baca Juga  Peringatan Waspada Tsunami Akibat Naiknya Status Gunung Ruang dari Siaga Jadi Awas

Selama tanggal 1-17 April 2024, PVMBG mendata jumlah kegempaan di Gunung Ruang sejumlah 569 kali gempa vulkanik dangkal, 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 167 kali gempa tektonik jauh serta 6 kali gempa tektonik lokal.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion