Connect with us

News

Pembukaan Latsitardanus 2024 Di IKN, Ada Ribuan Taruna Yang Akan Dilantik Presiden Jokowi

Published

on

Pembukaan Latsitardanus 2024 Di IKN, Ada Ribuan Taruna Yang Akan Dilantik Presiden Jokowi [sekaltim]

Balikpapan, Bindo.id – Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV tahun 2024 telah resmi dibuka di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Senin (6/5/2024).

Latsitardanus yang mengusung tema “Menuju Kalimantan Timur Maju dan Unggul” ini, sebagai wujud realisasi Kegiatan Integratif Taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Universitas Pertahanan (Unhan), serta Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN).

Ada 1.840 taruna yang mengikuti kegiatan tingkat akhir ini sebelum merampungkan tugas pendidikan serta dilantik menjadi perwira oleh Presiden Jokowi di bulan Juli 2024.

Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto menyebutkan kegiatan ini tujuannya untuk memupuk serta memantapkan kemanunggalan TNI-Polri bersama masyarakat, menanamkan serta menumbuhkembangkan jiwa kejuangan, maupun cinta tanah air.

“Selain itu memupuk semangat integrasi seluruh peserta latihan dan mahasiswa sebagai upaya membangun soliditas TNI, Polri dan masyarakat, mereka juga akan membantu pembangunan yang ada di Kalimantan Timur ini,” tutur Rudianto.

Dirinya menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama Latsitardanus ini, diantaranya pelaksanaan sasaran fisik karya bakti :

  • perbaikan rumah ibadah, pos kamling maupun rumah yang tak layak huni.
  • pembersihan saluran air dan sungai
  • perbaikan jalan dan pavingisasi
  • pengaspalan jalan
  • pembuatan tugu Latsitardanus
  • Desa Digital

Kata Rudianto, kegiatan Latsitardanus ini sebagai kegiatan rutin tahunan yang dilakukan di provinsi berbeda untuk dapat membantu pembangunan daerah.

Khusus di wilayah Kalimantan Timur, sedang berlangsung pengerjaan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sedangkan untuk sasaran non fisik, dilaksanakan riset sosial, penyuluhan kesehatan dan Narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi sekolah-sekolah kedinasan, dan lain sebagainya,” ujar Rudianto.

Baca Juga  Presiden Jokowi Temui PM Singapura Hari Ini Untuk Membahas Investasi di IKN

Kalemdiklat Polri Purwadi Arianto menyebutkan latihan ini akan melengkapi kompetensi peserta Latsitardanus, sehingga mereka benar-benar siap untuk melakukan tugas pengabdian untuk masyarakat, bangsa, maupun negara.

“Di samping itu, para taruna merupakan calon pemimpin yang harus dekat dengan rakyat, paham hati rakyat, tahu kebutuhan rakyat, dan bekerja keras untuk rakyat,” ujarnya.

Dirinya berpendapat, Latsitardanus menjadi latihan integratif yang memiliki tujuan untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin yang memiliki jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat sinergisitas.

Kegiatan ini sekaligus akan jadi latihan paripurna sehingga benar-benar siap untuk meneruskan estafet kepemimpinan bangsa serta negara Indonesia. 

Dirinya berharap para peserta Latsitarda bisa melakukan kegiatan ini dengan ikhlas, sungguh-sungguh, serta penuh dengan rasa tanggung jawab.

“Tunjukkan bahwa peserta latsitarda sekalian siap menjadi abdi negara dan motor penggerak menuju indonesia yang maju,” ujar Purwadi.

Di akhir upacara yang disaksikan oleh ribuan warga Kota Balikpapan maupun Kalimantan Timur ini, para taruna telah mempersembahkan pertunjukan drumband serta diakhiri dengan kirab maupun defile di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan akan berakhir di Borneo Bay Balikpapan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto serta Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion