Connect with us

News

Kejuaraan Internasional Sepeda Downhill Di Malaysia, Indonesia Raih Medali Emas

Published

on

Pandu Satrio Perkasa yang merupakan warga dari Kota Batu, Jawa Timur telah berhasil meraih medali emas di kejuaraan sepeda internasional yaitu Asia Mountain Bike Championship tahun 2024 [detik]

Kota Batu, Bindo.id – Pandu Satrio Perkasa yang merupakan warga dari Kota Batu, Jawa Timur telah berhasil meraih medali emas di kejuaraan sepeda internasional yaitu Asia Mountain Bike Championship tahun 2024.

Event itu diselenggarakan di Taman Cabaran Putrajaya, Malaysia tanggal 7-9 Mei 2024.

Remaja yang saat ini masih duduk dibangku kelas XII SMAN 2 Kota Batu ini tercatat dengan waktu 1:12.483 serta berhasil lebih unggul dari pebalap Thailand maupun China Taipei.

Prestasi yang telah diperoleh Pandu ini mengulang lagi kesuksesan yang pernah diperoleh pelatihnya yakni Hildan Afos Katana. Di tahun 2009 lalu, Afos Katana hanya dapat meraih medali perak di kejuaraan itu.

Pandu meraih gelar juara pada kategori Men Junior Individual Downhill. Saat ini Pandu juga memperkuat Timnas Indonesia serta atlet Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Batu.

Di event Asia Mountain Bike Championship tahun 2024 ini, Indonesian Cycling Federation (ICF) telah mengirimkan sebanyak 14 atlet serta 4 ofisial.

Pandu bertanding di nomor downhill bersama 6 atlet Timnas yang berasal dari berbagai daerah.

“Alhamdulillah diberi kelancaran, saya baru pertama kali mengikuti event ini. Ini tentu menjadi pengalaman saya untuk bisa berprestasi lebih baik lagi, harapannya dapat terus membanggakan nama daerah dan negara,” ujar Pandu, Minggu (12/5/2024).

Berbagai persiapan sudah dilaksanakan oleh Pandu bersama dengan tim termasuk melahap seluruh porsi latihan yang telah diberikan pelatih, sampai akhirnya Pandu berhasil memperoleh medali emas.

Pelatih Pandu, yaitu Hildan Afos Katana menyebutkan prestasi yang diperoleh Pandu ini menjadi sejarah usai menanti sejak 15 tahun terakhir meraih prestasi yang serupa di kancah internasional.

“Dengan prestasi yang berhasil diraih Pandu ini tentu dapat semakin membuat Pandu harus terus giat disiplin berlatih, dan bekerja keras dalam meniti karirnya di dunia balap sepeda nomor Downhill,” ujarnya.

Pelatih yang pernah memperoleh medali emas nomor downhill di Sea Games Naypyitaw pada tahun 2013 ini menyebutkan bahwa Pandu baru pertama kali bertemu dengan lawan-lawan balapnya.

“Nanti sampai Men Elite, mereka akan terus bertemu, awal yang baik,” ujarnya.

Prestasi yang diraih oleh Pandu ini juga memperoleh apresiasi dari Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. 

Saat ini Aries juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur.

Aries berkunjung ke kediaman Pandu pada hari Sabtu (11/5/2024). Pada kunjungan tersebut, Aries memberikan uang pembinaan sekaligus juga piagam penghargaan untuk Pandu.

Dirinya berpendapat Pandu sudah mengharumkan nama Indonesia, Provinsi Jawa Timur, Kota Batu, serta SMA Negeri 2 Kota Batu.

“Prestasi ini adalah bukti dari hasil kerja keras latihan, dan tekad yang kuat dari seorang pemuda asal Kota Batu. Pesan saya, jangan lelah untuk mengharumkan nama Kota Batu, Jawa Timur, dan Indonesia,” ujar Aries.

Melalui prestasi ini, kata Aries, juga mempermudah Pandu untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi dengan mengikuti jalur prestasi.

Pandu merupakan siswa SMAN 2 Batu memiliki niat untuk melanjutkan ke Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri (UM) Malang melalui jalur prestasi.

Dia menyebutkan tentunya Dindik Jatim tak tinggal diam, pihak Dindik akan terus memberikan support maupun dukungan penuh bagi siswa yang berprestasi serta membanggakan Jawa Timur.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *